SATU MESIN SEJUTA MANFAAT

Dapatkan kesehatan menyeluruh dengan air kangen. Ganti air minum anda dengan air kangen sekarang juga!

Miliki Segera

Hari ini, saya dapat pertanyaan via whatsapp, dari kakak kelas saya di FK UNPAD/RSHS Bandung dulu. Figur inspiratif yang IP semester satunya waktu kuliah dulu pernah mentok di angka 4.0.

Walaupun berprestasi, beliau tidak sungkan belajar lagi tentang air alkali, bahkan merupakan alumnus gelombang pertama Workshop Air Alkali yang saya adakan di Karawang bulan Agustus 2017 yang lalu. Pinter tapi nggak gengsi lho, he-he-he…

Begini pertanyaannya:

ASSALAMU’ALAIKUM. DOK PUNTEN MINTA PENJELASAN BAGAIMANA EFEK TERAPI KANGEN WATER TERHADAP PENYAKIT AUTOIMUN SEPERTI LUPUS?

Karena yang nanya sama-sama dokter, saya kasih jawaban dalam bentuk jurnal-jurnal ilmiahnya langsung aja. Di akhir uraian, saya share sedikit pengalaman saya mengelola berbagai pasien autoimun di Klinik Khusus Penyakit Dalam Interna Medika Karawang selama 1,5 tahun terakhir ini, menggunakan pengobatan standar di bidang penyakit dalam dikombinasi dengan pemberian air alkali secara teratur.

———————————————–

Nuhun pertanyaannya Teh. Ada beberapa penelitian tentang manfaat air alkali pada kondisi autoimun.

(Karena dihasilkan melalui proses elektrolisis, air alkali dikenal sebagai Electrolyzed Reduced Water (ERW), dan disebut juga sebagai Hydrogen Rich Water (HRW) karena mengandung banyak ion hidrogen yang memiliki salah satu fungsi sebagai antioksidan

PENELITIAN KE-1:

Nelson, D., et al., Effect of electrolyzed water intake on lifespan of autoimmune disease prone mice. Faseb Journal, 1998. 12(5): p. A794-A794.

Efek asupan air terelektrolisis pada lama hidup dari tikus yang rentan menderita autoimun.
– Air tereduksi dengan pH 10 memiliki kecenderungan menghambat penyakit autoimun dan menunjukkan peningkatan yang cukup baik dalam memperpanjang umur (lama hidup) binatang percobaan. Peningkatan umur ini nampaknya berkaitan dengan perubahan kadar radikal bebas dan kadar enzim antioksidan.

PENELITIAN KE-2

Ishibashi, T., et al., Consumption of water containing a high concentration of molecular hydrogen reduces oxidative stress and disease activity in patients with rheumatoid arthritis: an open-label pilot study. Medical Gas Research, 2012. 2(1): p. 27.

Konsumsi air yang kaya akan molekul hidrogen mengurangi stres oksidatif dan aktivitas penyakit pada pasien dengan arthritis reumatoid (RA): sebuah studi pilot open-label.
– Adanya molekul hidrogen di dalam air dapat melengkapi terapi konvensional dengan mengurangi stress oksidatif pada penyakit RA. Hasil pada 20 pasien yang minum air kaya hidrogen setiap hari selama 4 minggu menunjukkan bahwa 5 pasien dengan RA dini (kurang dari 12 bulan) berhasil mencapai remisi, dimana 4 diantaranya bebas gejala di akhir dari studi ini. Gejala-gejala dari RA secara bermakna membaik dengan pemberian cairan kaya hidrogen.

PENELITIAN KE-3

Ishibashi, T., et al., Therapeutic efficacy of infused molecular hydrogen in saline on rheumatoid arthritis: A randomized, double-blind, placebo-controlled pilot study. Int Immunopharmacol, 2014. 21(2): p. 468-473.

Efektivitas infus molekul hidrogen pada arthritis reumatoid (RA): sebuah studi pilot acak tersamar ganda.
– Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendemonstrasikan keamanan dan efektivitas dari infus molekul hidrogen dalam garam fisiologis pada penyakit RA pada 24 pasien. Skor aktivitas penyakit pada 28 sendi (DAS28) diukur saat awal, segera setelah pemberian infus hidrogen, dan setelah 4 minggu kemudian. Efek terapi dari molekul hidrogen diestimasi dengan mengukur serum penanda untuk RA, yang setelah 4 minggu menurun kadarnya secara signifikan pada kelompok yang mendapat infus hidrogen, dan meningkat pada grup yang mendapat plasebo. Disimpulkan bahwa molekul hidrogen aman dan efektif menurunkan aktivitas penyakit pada RA.

PENELITIAN KE-4

Zhao, M., et al. Hydrogen-rich water improves neurological functional recovery in experimental autoimmune encephalomyelitis (multiple sclerosis) mice. J Neuroimmunol. 2016 May

Cairan kaya hidrogen memperbaiki pemulihan fungsi neurologis pada tikus percobaan dengan ensefalomielitis autoimun (multipel sclerosis).
– Multiple sclerosis (MS) adalah penyakit demielinasi autoimun kronis dari sistem saraf pusat. Karena harganya yang mahal, pemberiannya yang tidak nyaman, dan memiliki banyak efek samping, kepatuhan obat dari FDA untuk terapi jangka panjang dari MS sangat rendah. Molekul hidrogen dilaporkan memiliki efek antioksidan, anti-apoptosis, anti-inflamasi, anti-alergi, dan efek anti kanker. Pada penelitian ini, kami meneliti efek profilaksis dan terapeutik dari air kaya hidrogen (HRW) pada perkembangan penyakit MS pada binatang percobaan. Kami membuktikan bahwa pemberian profilaksis (pencegahan) dari HRW mampu menghambat terjadinya MS dan menurunkan skor klinis maksimal. Selain itu, HRW juga menurunkan tingkat keparahan penyakit, infiltrasi sistem saraf pusat, dan proses demielinasi bila diberikan setelah penyakit MS berkembang. Karena sifat HRW tidak toksis, tidak mahal, mudah diberikan, dan dapat dengan mudah menembus sawar darah otak, penelitian kami menunjukkan bahwa HRW memiliki potensi yang besar dalam terapi dari MS.

Berikut saya sertakan dua penelitian manfaat air alkali pada penyakit alergi, yang mekanismenya mirip dengan autoimun, yaitu reaksi sistem imun yang berlebihan.

PENELITIAN KE-5

Itoh T et al. Molecular hydrogen suppresses FcepsilonRI-mediated signal transduction and prevents degranulation of mast cells. Biochem Biophys Res Commun. 2009 Nov 27.

Molekul hidrogen menekan transduksi sinyal yang dimediasi FcepsilonRI dan mencegah degranulasi dari sel mast.
– Molekul hidrogen memperbaiki penyakit yang berhubungan dengan stres oksidatif pada binatang percobaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa air kaya hidrogen (HRW) menghambat reaksi alergi tipe cepat (immediate-type allergic reaction) pada binatang percobaan, namun bukan melalui kemampuannya mengikat radikal bebas, melainkan dengan cara memodulasi jalur sinyal yang spesifik.

PENELITIAN KE-6

Itoh T et al. Molecular hydrogen inhibits lipopolysaccharide / interferon γ-induced nitric oxide production through modulation of signal transduction in macrophages. Biochem Biophys Res Commun. 2011 Jul 22;411(1):143-9.

Molekul hidrogen menghambat produksi nitric oxide melalui modulasi transduksi sinyal dari makrofag.
– Molekul hidrogen dilaporkan efektif pada berbagai penyakit dan efeknya diasosiasikan dengan penurunan stress oksidatif. Namun, penelitian kami menunjukkan bahwa hidrogen menghambat reaksi alergi tipe I melalui kemampuannya memodulasi transduksi sinyal intraseluler pada makrofag (sel penting dalam sistem pertahanan tubuh). Pemberian per oral air kaya hidrogen (HRW) juga menghambat terjadinya penyakit RA pada manusia.

KESIMPULAN:

Air alkali memiliki potensi untuk digunakan dan diintegrasikan dalam pengobatan pasien-pasien dengan berbagai kelainan autoimun dan alergi.

PENGALAMAN DENGAN PASIEN AUTOIMUN (DAN ALERGI)

Di Klinik Khusus Penyakit Dalam Interna Medika Karawang, sejak Mei 2016 hingga sekarang, banyak sekali pasien autoimun yang kami kelola dengan kombinasi air alkali.

Beberapa di antaranya adalah sbb:
– SLE, MCTD, Systemic Sclerosis, rheumatoid arthritis, kolitis ulseratif (IBD), Evan’s Syndrome, anemia hemolitik, ITP, DM-Tipe 1 dan beberapa pasien lain dengan hasil ANA-test yang positif.

Saya mengamati bahwa pemberian air alkali secara umum dapat meningkatkan kualitas hidup pasien autoimun (terutama memperbaiki sense of well-being), memperbaiki berbagai keluhan oksigenasi (dan anemia) tanpa harus sering mendapat transfusi darah, dan menurunkan jumlah obat-obat yang dikonsumsi (terutama steroid dan NSAID yang efek samping jangka panjangnya sangat merugikan).

Sebagian besar pasien juga tidak mengalami efek samping yang berarti dan dapat mengkonsumsi air alkali dalam jangka waktu yang panjang.

Pemberian air alkali juga sangat bermanfaat untuk berbagai pasien yang datang ke klinik kami dengan penyakit alergi yang kronis, mulai asma, rhinitis alergi, dermatitis atopik, dan berbagai kelainan alergi kronis lainnya.

Semoga bermanfaat

Sumber:

  1. Sejarah & Manfaat Air Alkali
  2. Sejarah & Manfaat Mesin Air Alkali Terionisasi (Situ Kok Suka Maksa Sih)
  3. Air Alkali: Penelitian Ilmiah & Testimoni Positif Dari Para Dokter
  4. Manfaat Memiliki Mesin Air Alkali Sendiri (Setidaknya, Bersyukurlah)
  5. Edukasi Air Alkali yang Penuh Rasa Hormat
  6. Air Alkali & Keluhan Akibat Asam Urat, Tekanan Darah, dan Kolesterol yang Tinggi
  7. Air Alkali: Panduan Minum & Mengelola Efek Samping
  8. Air Alkali & Stroke
  9. Air Alkali dan Penelitian di Bidang Neurologi dan Psikiatri
  10. Air Alkali pada Penyakit Rematik
  11. Air Alkali pada Penyakit Infeksi & Manfaatnya dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
  12. Air Alkali untuk Olahragawan hingga Atlet Profesional
  13. Air Alkali: Pilar Kelima Diabetes
  14. Air Alkali & Insulin (Situ Kok Suka Maksa Sih Bagian ke-2)
  15. Air Alkali pada Pasien Diabetes: Sebuah Laporan Kasus
  16. Air Alkali/Asam Kuat pada Luka Diabetes dan Penyakit Kulit yang Berat (Laporan Kasus)
  17. Air Alkali pada Asam Urat & Paradigma Edukasi Air Alkali
  18. Air Alkali & Hipertensi
  19. Air Alkali pada Gangguan Ginjal
  20. Air Alkali & Batu Ginjal
  21. Air Alkali, Kanker, & Pencegahannya
  22. Air Alkali pada Penyakit Maag & GERD
  23. Air Alkali pada Asma & PPOK
  24. Air Alkali pada Penyakit Autoimun & Alergi (Pengobatan & Pencegahan)
  25. Penelitian Air Alkali pada Penyakit Autoimun & Alergi
  26. Air Alkali untuk Anak Berkebutuhan Khusus
  27. Air Alkali: Efek Anti Aging & Kesehatan Kulit
  28. Air Alkali untuk Mencegah & Mengatasi Obesitas
  29. Air Alkali & Hambatan Utama dalam Preventive Medicine
  30. Air Alkali & Pencegahan Penyakit Berat
  31. Khasiat Air Alkali cuma Bohong Belaka?
  32. Air Alkali & Penyakit Akibat Radikal Bebas
  33. Air Alkali & Bahaya Pestisida
  34. Air Alkali & Diet Ketofastosis
  35. Air Alkali & Surat untuk para Dokter
  36. Air Reverse Osmosis menurut WHO