SATU MESIN SEJUTA MANFAAT

Dapatkan kesehatan menyeluruh dengan air kangen. Ganti air minum anda dengan air kangen sekarang juga!

Miliki Segera

PENGANTAR

Kemarin, saya mendapat konsultasi via messenger, dari salah seorang dokter edukator air alkali di Makasar, mengenai diskusi dia dengan teman-teman dokternya.

“Assalamu’alaikum. Salam kenal dr. Andi. Saya dari Makasar. Saya senang banget baca artikel-artikel dokter, dan tambah semangat sharing tentang air alkali ke masyarakat luas.

Cuma ini ada beberapa teman dokter nanya tentang ini Dok:

https://m.detik.com/…/idi-dokter-tak-boleh-promosikan-air-a…

Menurut dokter, tanggapan terbaiknya bagaimana yah?”

Ada juga pesan di whatsapp dari salah satu dokter spesialis di Surabaya, yang pasien-pasiennya sangat terbantu kesehatannya setelah menggunakan air alkali, tentang artikel yang sama.

“Bagamana kita bersikap dok? Buat saya ini bukan sekedar bisnis, karena melihat banyak pasien yang terbantu kesembuhannya adalah kebahagiaan tersendiri.”

Dan masih ada beberapa pertanyaan lewat grup whatsapp ataupun pertanyaan lisan yang tidak bisa disebutkan satu persatu di sini.

Untuk itu, saya coba membuat sedikit tulisan tentang hal di atas.

PENDAHULUAN

Sebenarnya tidak perlu kuatir terhadap tanggapan para senior kita di IDI. Sudah seyogyanya mereka bertugas mengingatkan para dokter di Indonesia bila ada isu-isu di bidang kesehatan yang dianggap dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan masyarakat.

Namun selama kita yakin tujuan dan materi edukasi yang kita berikan adalah untuk membantu kesehatan pasien, dan didasarkan penelitian ilmiah yang valid, rasanya tidak ada yang perlu dikuatirkan.

Pernyataan yang menjadi sumber kegelisahan para sejawat edukator air alkali di artikel tersebut, dari yang saya baca antara lain:

1. “Tidak boleh mempromosikan air alkali kepada pasien karena belum diuji secara ilmiah. Jika dokter melakukan hal tersebut, itu sama saja melanggar etika.”

2. Jika dokter memberikan testimoni positif terhadap air alkali, menurut IDI dokter tersebut merupakan orang yang menjalankan MLM (Multi Level Marketing). “Kalau menjadi anggota MLM, artinya dokter itu sudah menjadi business man. Mereka berbisnis produk MLM menggunakan kewenangannya sebagai dokter.”

Kita coba bahas satu persatu yah.

PERNYATAAN PERTAMA

Kata kuncinya adalah:
“TIDAK BOLEH MEMPROMOSIKAN AIR ALKALI KARENA BELUM DIUJI SECARA ILMIAH, DAN ITU SAMA SAJA MELANGGAR ETIKA.”

Jadi apabila kita sebagai edukator bisa memberikan bukti-bukti bahwa air alkali telah diteliti secara luas di dunia kedokteran secara ilmiah, berarti tidak ada etika yang dilanggar. Dan tentunya IDI pun dengan tangan terbuka akan mendukung segala bentuk edukasi ilmiah yang bisa menyehatkan masyarakat Indonesia.

BENARKAH AIR ALKALI BELUM DITELITI SECARA ILMIAH?

Nama lain dari air alkali terionisasi adalah Electrolyzed Reduced Water (ERW) atau Hydrogen Rich Water (HRW). Penelitian mengenai keamanan dan manfaatnya bagi kesehatan manusia telah dipublikasikan di lebih dari 500 jurnal kedokteran internasional.

Namun di sini khusus saya tampilkan hanya penelitian yang judulnya menggunakan kata “air alkali”, agar lebih relevan sebagai kontra argumen bahwa “air alkali” belum diuji secara ilmiah.

Dan inilah penelitian ilmiah mengenai air alkali dari masa ke masa.

1983
Use of alkalies and alkaline mineral waters in the complex treatment of peptic ulcer patients (PENGGUNAAN ALKALI DAN AIR MINERAL ALKALI DALAM PENGELOLAAN YANG KOMPLEKS DARI PASIEN-PASIEN DENGAN ULKUS PEPTIKUM). Belousov AS, et al. Sov Med Russian.

1985
Considerations on the therapeutic efficacy of a standard alkaline bicarbonated mineral water in cases of dyspepsia (PERTIMBANGAN EFEKTIVITAS TERAPI DARI AIR MINERAL ALKALI BIKARBONAT PADA KASUS-KASUS DISPEPSIA). Gasbarrini G, et al. Minerva Dietol Gastroenterol.

1987
Effect of alkaline-earth water on gastric emptying time in patients with anorganic dyspepsia (EFEK DARI AIR ALKALI ALAMI PADA PENGOSONGAN LAMBUNG DARI PASIEN-PASIEN DENGAN DISPEPSIA ANORGANIK). Stanghellini V, et al. Clin Ter.

1990
Effects of drinking Tettuccio di Montecatini mineral waters on gallbladder emptying and functioning hepatic mass (EFEK MINUM AIR MINERAL TETTUCIO DI MONTECATINI  alkaline sulfate saline water) PADA PENGOSONGAN KANDUNG EMPEDU DAN MASA LIVER FUNGSIONAL). Foschi M, Arena U. Clin Ter.

1991
Effects of bicarbonated-alkaline water (Uliveto) on gastric and gallbladder emptying in normal subjects: Ultrasonic evaluation (EFEK AIR ALKALI BIKARBONAT (ULIVETO) PADA PENGOSONGAN LAMBUNG DAN KANDUNG EMPEDU PADA ORANG SEHAT). Gasbarrini G, et al. Minerva Med.

1992
Evaluation of the efficacy of bicarbonate-alkaline water action on gallbladder motility (EVALUASI EFEKTIVITAS AKSI AIR ALKALI BIKARBONAT PADA MOTILITAS KANDUNG EMPEDU) Marchi S, et al. Minerva Med.

1995
Gallbladder motility following intake of mineral bicarbonate-alkaline water: Ultrasonographic assessment (MOTILITAS KANDUNG EMPEDU PASCA PEMBERIAN AIR ALKALI MINERAL BIKARBONAT: EVALUASI ULTRASONOGRAFI). Bellini M, et al. Minerva Med.

1997
Effects of alkaline ionized water on spontaneously diabetic GK-rats fed sucrose (EFEK DARI AIR ALKALI TERIONISASI PADA TIKUS GK DIABETES SPONTAN DENGAN DIET TINGGI SUKROSA). Yokoyama, JK. Korea J of Lab. Anim Sa.

Influence of alkaline ionized water on rat erythrocyte hexokinase activity and myocardium (PENGARUH AIR ALKALI PADA AKTIVITAS HEKSOKINASI SEL DARAH MERAH DAN OTOT JANTUNG DI TIKUS PERCOBAAN). Watanabe T, et al. J Toxicol Sci, 1997.

1998
Influences of alkaline ionized water on milk yield, body weight of offspring and perinatal dam in rats (PENGARUH AIR ALKALI TERIONISASI PADA PRODUKSI AIR SUSU, BERAT BADAN BAYI, DAN PERINATAL DAM DI TIKUS PERCOBAAN). Watanabe T, et al. J Toxicol Sci.

Degradation of myocardiac myosin and creatine kinase in rats given alkaline ionized water (DEGRADASI MIOSIN SEL JANTUNG DAN KREATIN KINASE PADA TIKUS PERCOBAAN YANG MENDAPAT AIR ALKALI TERIONISASI). Watanabe T, Kishikawa J et al. Vet Med Sci.

Histopathological influence of alkaline ionized water on myocardial muscle of mother rats (PENGARUH HISTOPATOLOGIS DARI AIR ALKALI PADA OTOT JANTUNG DARI TIKUS PERCOBAAN BETINA PASCA MELAHIRKAN). Watanabe T, et al. J Toxicol Sci.

2000
Clinical evaluation of alkali-ionized water for chronic diarrhea: placebo-controlled double blind study (EVALUASI KLINIS AIR ALKALI TERIONISASI UNTUK DIARE KRONIS: STUDI ACAK GANDA KONTROL PLASEBO). Tashiro H, et al. Digestion & Absorption.

2001
Hydrogen concentration in water from an Alkali-Ion-Water electrolyzer having a platinum-electroplated titanium electrode (KONSENTRASI HIDROGEN DALAM AIR DARI MESIN AIR ALKALI TERIONISASI YANG MEMILIKI ELEKTRODA PLATINUM BERLAPIS TITANIUM). Kikuchi K, et al. Journal of Applied Electrochemistry.

Systemic and local effects of long-term exposure to alkaline drinking water in rats (EFEK SISTEMIK DAN LOKAL PADA PAPARAN JANGKA PANJANG DARI AIR MINUM ALKALI DI TIKUS PERCOBAAN). Merne ME, et al. Int J Exp Pathol.

Hydrogen particles and supersaturation in alkaline water from an Alkali-Ion-Water electrolyzer (PARTIKEL DAN SUPERSATURASI HIDROGEN PADA AIR ALKALI DARI MESIN (ELEKTROLISER) AIR ALKALI TERIONISASI. Kikuchi K, et al. Journal of Electroanalytical Chemistry.

2002
Effects of a bicarbonate-alkaline mineral water on gastric functions and functional dyspepsia: a preclinical and clinical study (EFEK AIR MINERAL ALKALI BIKARBONAT PADA FUNGSI LAMBUNG DAN DISPEPSIA FUNGSIONAL). Bertoni M, et al. Pharmacol Res.

Chronic administration with electrolyzed alkaline water inhibits aspirin-induced gastric mucosal injury in rats through the inhibition of tumor necrosis factor-alpha expression (PEMBERIAN AIR ALKALI TERELEKTROLISIS JANGKA PANJANG MENGHAMBAT KERUSAKAN MUKOSA LAMBUNG PADA TIKUS PERCOBAAN YANG DIINDUKSI ASPIRIN MELALUI PENGHAMBATAN EKSPRESI TNF ALFA). Naito Y, et al. Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition.

2004
Anticancer Effect of Alkaline Reduced Water (EFEK ANTIKANKER DARI AIR ALKALI TEREDUKSI). Lee KJ, et al. J Int Soc Life Inf Sci.

2006
Effect of mineral induced alkaline reduced water on sprague-dawley rats fed on a high fat diet (EFEK AIR MINERAL ALKALI TEREDUKSI PADA TIKUS SPRAGUE-DAWLEY YANG MENDAPAT DIET TINGGI LEMAK). Dan J, et al. J. Exp. Biomed. Sci.

Anti-diabetic effect of alkaline-reduced water on OLETF rats (EFEK ANTIDIABETES DARI AIR ALKALI TEREDUKSI PADA TIKUS JENIS OLEFT). Jin D, et al. Biosci Biotechnol Biochem.

2008
Effect of hydrogen saturated alkaline electrolyzed water on urinary oxidative stress markers after an acute exercise: A randomized controlled trial (EFEK AIR ALKALI TERELEKTROLISIS KAYA HIDROGEN PADA PENANDA STRES OKSIDATIF SETELAH OLAHRAGA BERAT: SEBUAH UJI KLINIK TERSAMAR). Koyama K et al. Anti-aging Med.

The Effect of Mineral-induced Alkaline Reduced Water on the DSS-induced Acute inflammatory Bowel Disease Mouse Model (EFEK AIR ALKALI TEREDUKSI DIINDUKSI MINERAL PADA PENYAKIT USUS INFLAMASI DIINDUKSI DSS PADA MODEL TIKUS PERCOBAAN). Jin DK, et al. Korean Journal of Microscopy.

2009
Influence of bottled water on rehydration following a dehydrating bout of cycling exercise (PENGARUH JENIS CAIRAN PADA REHIDRASI SETELAH DEHIDRASI PASCA PERLOMBAAN BALAP SEPEDA (AIR BIASA VS AIR ALKALI pH 10.0). Heil D & Seifert J. Journal of the International Society of Sports Nutrition.

Effect of alkaline reduced water on erythrocyte oxidative status and plasma lipids of spontaneously hypertensive rats (EFEK AIR ALKALI TEREDUKSI PADA STATUS OKSIDATIF ERITROSIT DAN LEMAK DARAH DARI TIKUS HIPERTENSI). Chao, YC. and Chiang MT. Taiwanese Journal of Agricultural Chemistry and Food Science.

Behavior of Hydrogen Nanobubbles Generated in Alkaline Electrolyzed Water (PERILAKU GELEMBUNG NANO MOLEKUL HIDROGEN DALAM AIR ALKALI TERIONISASI). Takenouchi T, et al. Electrochemistry.

2010
Acid-base balance and hydration status following consumption of mineral-based alkaline bottled water (KESEIMBANGAN ASAM-BASA DAN STATUS HIDRASI SETELAH KONSUMSI AIR MINERAL ALKALI). Heil D. Journal of the International Society of Sports Nutrition.

Recent progress in alkaline water electrolysis for hydrogen production and applications (PERKEMBANGAN TERKINI DARI AIR ALKALI TERELEKTROLISIS UNTUK PRODUKSI DAN APLIKASI DARI MOLEKUL HIDROGEN). Zeng K, Zhang DK. Progress in Energy and Combustion Science.

2011
Drinks with alkaline negative oxidative reduction potential improve exercise performance in physically active men and women: Double-blind, randomized, placebo-controlled, cross-over trial of efficacy and safety (MINUMAN ALKALI DENGAN POTENSIAL OKSIDASI REDUKSI YANG NEGATIF MEMPERBAIKI KEMAMPUAN OLAHRAGA PADA PRIA DAN WANITA YANG AKTIF SECARA FISIK: SEBUAH PENELITIAN CROSS-OVER ACAK TERSAMAR GANDA DENGAN KONTROL PLASEBO MENGENAI EFEKTIVITAS DAN KEAMANAN). Ostojic SM et al. Serbian Journal of Sports Science.

Effect of molecular hydrogen saturated alkaline electrolyzed water on disuse muscle atrophy in gastrocnemius muscle (EFEK AIR ALKALI TERELEKTROLISIS YANG KAYA MOLEKUL HIDROGEN PADA PENGECILAN OTOT BETIS). Fujita RN, et al. Journal of Physiological Anthropology.

2012
Potential benefits of pH 8.8 alkaline drinking water as an adjunct in the treatment of reflux disease (POTENSI MANFAAT AIR MINUM ALKALI BER-pH 8.8 SEBAGAI PENDAMPING PADA TERAPI PENYAKIT REFLUKS). Koufman JA, Johnston N. Ann Otol Rhinol Laryngol.

Does alkaline-reduced hexagonal water delay the aging process in Drosophila? (APAKAH AIR ALKALI HEKSAGONAL TEREDUKSI DAPAT MENGHAMBAT PROSES PENUAAN PADA LALAT BUAH DROSOPHILA). Rheem KE, et al. Geriatr Gerontol Int.

2013
Anti-obesity effect of alkaline reduced water in high fat-fed obese mice (EFEK ANTI OBESITAS DARI AIR ALKALI TEREDUKSI PADA TIKUS OBES YANG MENDAPAT DIET TINGGI LEMAK). Ignacio RM et al. Biol Pharm Bull.

Physico-Chemical, Biological and Therapeutic Characteristics of Electrolyzed Reduced Alkaline Water (ERAW) (KARAKTERISTIK FISIKO-KIMIA, BIOLOGIS, DAN TERAPETIK DARI AIR ALKALI TEREDUKSI YANG TERELEKTROLIS). Henry M, Chambron J. Water.

2014
Dose-dependent inhibition of gastric injury by hydrogen in alkaline electrolyzed drinking water (PENGHAMBATAN KERUSAKAN LAMBUNG TERGANTUNG DOSIS DARI MOLEKUL HIDROGEN DALAM AIR MINUM ALKALI TERIONISASI). Xue J, et al. BMC Complementary and Alternative Medicine.

2016
Effect of electrolyzed high-pH alkaline water on blood viscosity in healthy adults (EFEK AIR ALKALI TERELEKTROLISIS BER-pH TINGGI PADA VISKOSITAS DARAH DI ORANG DEWASA SEHAT). Weidman J, et al. J Int Soc Sports Nutr. 2016

Alkaline Water and Longevity: A Murine Study (AIR ALKALI DAN PANJANG USIA: STUDI PADA TIKUS PERCOBAAN) Magro M, et al. Evid Based Complement Alternat Med.

Systematic review of the association between dietary acid load, alkaline water and cancer (ULASAN SISTEMATIS HUBUNGAN ANTARA DIET TINGGI ASAM, AIR ALKALI, DAN KANKER). Fenton TR, Huang T. BMJ Open.

Radioprotective effect of Zamzam (alkaline) water: A cytogenetic study (EFEK RADIOPROTEKSI DARI AIR (ALKALI) ZAMZAM: SEBUAH STUDI SITOGENETIK. Keramati YF, et al. J Environ Radioact.

PENELITIAN AIR ALKALI DI INDONESIA

Dan ternyata, mungkin karena manfaatnya yang sudah banyak dirasakan oleh masyarakat Indonesia, penelitian ilmiah mengenai air alkali di bidang kesehatan sudah dirintis di negeri kita tercinta ini, salah satunya dalam menurunkan kadar asam urat yang tinggi, yaitu di tahun 2016.

Berikut abstrak lengkapnya:

UJI KLINIS PENGARUH AIR ALKALI PADA PASIEN ASAM URAT
Ekasakti Octohariyanto dkk

Abstrak:
Generasi muda saat ini terancam risiko asam urat. Penyebab utamanya adalah pola hidup, termasuk pola makan dan olahraga yang tidak terkontrol. Cara yang sederhana, aman, dan efektif untuk membantu menurunkan kadar asam urat adalah dengan mengkonsumsi banyak air minum.

Responden dengan asam urat dipilih sebagai sampel penelitian. Sebanyak 100 responden bersedia melakukan uji eksperimen. Lima puluh responden meminum air non-alkali dan 50 responden meminum air alkali dengan pH 9,8 selama 14 hari. Dalam kurun waktu 14 hari dilakukan 4 kali pengecekan.

Didapatkan bahwa dengan mengkonsumsi air alkali terjadi penurunan secara signifikan kadar asam urat 5-6 kali dibandingkan dengan responden yang mengkonsumsi air non-alkali.

Kata Kunci: asam urat, eksperimen, air alkali

(Majalah Medika 2016, Tahun ke XLII, No.2, p.82-88)

KESIMPULAN DARI PERNYATAAN KESATU
Dari uraian di atas, jelas bahwa pernyataan:
“TIDAK BOLEH MEMPROMOSIKAN AIR ALKALI KARENA BELUM DIUJI SECARA ILMIAH, DAN ITU SAMA SAJA MELANGGAR ETIKA.”

dapat dikompromikan dengan deretan penelitian sejak tahun 1983 hingga tahun 2016 di atas, baik di dalam maupun di luar negeri.

Kesimpulan:
Karena air alkali telah diteliti secara ilmiah sejak puluhan tahun yang lalu, berarti dokter-dokter yang merekomendasikan air alkali kepada pasien-pasiennya seyogyanya tidak boleh dianggap melanggar etika kedokteran.

PERNYATAAN KEDUA
“Jika dokter memberikan testimoni positif terhadap air alkali, menurut IDI dokter tersebut merupakan orang yang menjalankan MLM (Multi Level Marketing).”Kalau menjadi anggota MLM (Multi Level Marketing), artinya dokter itu sudah menjadi business man. Mereka berbisnis produk MLM menggunakan kewenangannya sebagai dokter,”

Kata kuncinya adalah:
“JIKA DOKTER MEMBERIKAN TESTIMONI POSITIF TERHADAP AIR ALKALI, DOKTER TERSEBUT BERARTI MENJALANKAN MULTI LEVEL MARKETING.”

BENARKAH TESTIMONI POSITIF BERARTI PELAKU MLM?

Sejak tahun 1996, di Amerika telah hadir produsen mesin air alkali (elektrolisis). Enagic baru memasuki pasar Amerika sejak tahun 2003. Sejak saat itu, masyarakat Amerika mulai minum air alkali langsung dari mesinnya

(Sekedar info saja, kondisi di Amerika berbeda dengan di Indonesia dan negara berkembang lainnya. Karena pendapatan per kapitanya tinggi, di negara-negara maju tidak dikenal penjualan air akali, hanya penjualan mesinnya saja. Karena itu, bila dikatakan “minum air alkali”, otomatis disini berarti minum air alkali terionisasi langsung dari mesinnya. Sedangkan di Indonesia dan beberapa negara berkembang lainnya, banyak mereka yang merasakan manfaat air alkali belum sanggup membeli mesinnya, dan baru sanggup membeli airnya secara teratur).

Kesaksian positif para pasien di Amerika, ditambah para dokter di sana yang tidak menutup mata terhadap testimoni dari para pasiennya itu, mendorong banyak pakar kesehatan mempelajari berbagai literatur ilmiah tentang manfaat dan keamanan air alkali.

Banyak sekali para figur publik terkenal, mulai motivator internasional, atlet kelas dunia, para artis papan atas, dokter-dokter terkemuka, para pengajar di universitas bergengsi, hingga penulis best seller di Amerika yang mendorong masyarakatnya untuk minum air alkali secara teratur.

Di sini hanya saya sajikan tiga orang dokter terkemuka di AS, ditutup dengan testimoni positif ratusan ribu dokter lain.

GERALD BRESNAHAN, MD
Dokter Gerald Bresnahan adalah internis-kardiologis terkemuka, on-call physician dari banyak presiden AS, pimpinan di LA County USC Medical Center, dan peneliti di University of California.

Beliau memberikan testimoni positif soal air alkali:
“Kita telah memahami pentingnya membuat diet kita alkali selama puluhan tahun, namun tidak berhasil membuat pasien-pasien makan diet alkali yang sempurna karena sulit makan makanan alkali dalam jumlah cukup untuk membuat tubuh kita lebih basa. Hadirnya suatu sarana yang dapat merubah pH tubuh kita dari asam menjadi basa dengan sesuatu yang biasa kita lakukan, yaitu dengan minum air, maka kita dapat membuat tubuh banyak orang menjadi lebih basa dengan sangat mudah.

Ratusan ribu pasien telah mengalami hasil yang luar biasa dengan minum (dari mesin) air alkali. Kami mengambil peran untuk menghadirkan teknologi ini ke komunitas medis di Amerika Serikat karena air alkali telah merevolusi kesehatan, vitalitas, dan kebugaran dari penduduk di Amerika. Hal ini akan menjadi sesuatu yang luar biasa bagi semua orang dan akan mengubah kehidupan jutaan jiwa.”

DON COLBERT, MD
Dokter Don Colbert, telah menjual lebih dari 10 juta kopi 40 buku kesehatan populer di Amerika Serikat. Direktur Medis dari The Divine Health Wellness Center di Florida ini menyampaikan testimoni positif tentang air alkali:

“Tidak terhitung jumlahnya pasien saya yang merasakan nyeri kronis akibat penyakit pengapuran sendi yang mendapat berbagai obat-obatan. Banyak sekali dari mereka yang bebas dari nyeri dalam beberapa bulan dengan mengkonsumsi air alkali dan makanan alkali dalam jumlah yang cukup. Akhirnya, banyak dari mereka yang tidak lagi menggunakan obat-obatan.”

SUSAN LARK, MD
Seorang penulis belasan buku kesehatan best seller di Amerika, Dokter Susan Lark, staf pengajar di Stanford University, dan direktur dari Menopause Self-Help Centre di California menuliskan testimoni positif tentang air alkali di salah satu bukunya:

“Performa puncak dan kesehatan yang optimal tergantung pada kemampuan tubuh mempertahankan keadaan yang sedikit lebih alkali (basa) di seluruh sel dan jaringan. Minum 4-6 gelas cairan alkali setiap hari akan membantu menetralisir kelebihan asam dan membantu tubuh melawan berkembangnya penyakit jantung, stroke, gangguan sistem imun, dan berbagai penyakit yang sering terjadi.”

PARA DOKTER DI AAFP
Dan puncak dari testimoni positif para dokter di Amerika bisa dilihat di situs American Family Physician, situs dua mingguan milik Association of American Family Physician. Para pakar kesehatan dari AAFP mengakui peran air alkali dalam pencegahan penyakit batu ginjal. Berikut petikannya:

“For prevention of calcium oxalate, cystine, and uric acid stones, urine should be alkalinized by eating a diet high in fruits and vegetables, taking supplemental or prescription citrate, or DRINKING ALKALINE MINERAL WATERS.”

(“Untuk pencegahan batu kalsium oksalat, batu sistine, dan batu asam urat, air kencing harus dialkalinisasi dengan cara banyak makan sayuran dan buah-buahan, mengkonsumsi suplemen sitrat, atau MINUM AIR MINERAL ALKALI.”)

(Silakan klik ke link: http://www.aafp.org/afp/2011/1201/p1234.html)

AAFP merupakan salah satu organisasi kedokteran terbesar di Amerika Serikat, telah berdiri sejak tahun 1947, dan beranggotakan lebih dari 100 ribu dokter.

Sekilas info saja, anggota IDI yang menaungi seluruh dokter di Indonesia, anggotanya mencapai lebih dari 110 ribu dokter. Sedangkan AAFP hanyalah salah satu organisasi yang mengkhususkan diri pada pengembangan kedokteran keluarga, sehingga jumlah tersebut merupakan angka yang sangat besar untuk satu organisasi cabang ilmu kedokteran tertentu saja.

Jadi, pernyataan bahwa:
“JIKA DOKTER MEMBERIKAN TESTIMONI POSITIF TERHADAP AIR ALKALI, DOKTER TERSEBUT BERARTI MENJALANKAN MULTI LEVEL MARKETING.”

merupakan pernyataan yang kurang memiliki dasar yang kuat. Apakah kita hendak mengatakan bahwa pakar antiaging Don Colbert MD, kardiolog terkemuka Gerald Bresnahan MD, penulis best seller Susan Lark MD, para dokter terkemuka yang semuanya memberikan testimoni positif terhadap air alkali karena mereka menjalankan MLM?

Apakah 100 ribu lebih anggota dari AAFP, salah satu organisasi profesi dokter tertua dan terbesar di AS juga semua dianggap menjalankan MLM hanya karena memberikan testimoni positif tentang air alkali di situs resminya? Tentu saja tidak bukan.

SATU LAGI FAKTA YANG TIDAK KALAH PENTING

Air alkali yang beredar di Indonesia tidak melulu dipasarkan melaluI MLM. Kita mengenal Pristine Water dari perusahaan raksasa Sinar Mas, dan Hygro dari produsen farmasi terbesar di Indonesia, Kimia Farma. Rasanya mustahil perusahaan-perusahaan terkemuka sekelas Sinar Mas dan Kimia Farma tidak melakukan riset mendalam mengenai manfaat dan keamanan air alkali bagi kesehatan, sebelum meluncurkan produknya bagi masyarakat luas.

PENUTUP

Semoga penjelasan di atas bisa menjadi masukan bagi para senior kami di IDI untuk mengevaluasi manfaat air alkali bagi kesehatan masyarakat Indonesia.

Wallahu’alam bishowwab.

sumber:

AIR ALKALI: PENELITIAN ILMIAH & TESTIMONI POSITIF DARI PARA DOKTEROleh: Andi Pratama DharmaSpesialis Penyakit Dalam…

Dikirim oleh Andi Pratama Dharma pada 1 Desember 2017

  1. Sejarah & Manfaat Air Alkali
  2. Sejarah & Manfaat Mesin Air Alkali Terionisasi (Situ Kok Suka Maksa Sih)
  3. Air Alkali: Penelitian Ilmiah & Testimoni Positif Dari Para Dokter
  4. Manfaat Memiliki Mesin Air Alkali Sendiri (Setidaknya, Bersyukurlah)
  5. Edukasi Air Alkali yang Penuh Rasa Hormat
  6. Air Alkali & Keluhan Akibat Asam Urat, Tekanan Darah, dan Kolesterol yang Tinggi
  7. Air Alkali: Panduan Minum & Mengelola Efek Samping
  8. Air Alkali & Stroke
  9. Air Alkali dan Penelitian di Bidang Neurologi dan Psikiatri
  10. Air Alkali pada Penyakit Rematik
  11. Air Alkali pada Penyakit Infeksi & Manfaatnya dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
  12. Air Alkali untuk Olahragawan hingga Atlet Profesional
  13. Air Alkali: Pilar Kelima Diabetes
  14. Air Alkali & Insulin (Situ Kok Suka Maksa Sih Bagian ke-2)
  15. Air Alkali pada Pasien Diabetes: Sebuah Laporan Kasus
  16. Air Alkali/Asam Kuat pada Luka Diabetes dan Penyakit Kulit yang Berat (Laporan Kasus)
  17. Air Alkali pada Asam Urat & Paradigma Edukasi Air Alkali
  18. Air Alkali & Hipertensi
  19. Air Alkali pada Gangguan Ginjal
  20. Air Alkali & Batu Ginjal
  21. Air Alkali, Kanker, & Pencegahannya
  22. Air Alkali pada Penyakit Maag & GERD
  23. Air Alkali pada Asma & PPOK
  24. Air Alkali pada Penyakit Autoimun & Alergi (Pengobatan & Pencegahan)
  25. Penelitian Air Alkali pada Penyakit Autoimun & Alergi
  26. Air Alkali untuk Anak Berkebutuhan Khusus
  27. Air Alkali: Efek Anti Aging & Kesehatan Kulit
  28. Air Alkali untuk Mencegah & Mengatasi Obesitas
  29. Air Alkali & Hambatan Utama dalam Preventive Medicine
  30. Air Alkali & Pencegahan Penyakit Berat
  31. Khasiat Air Alkali cuma Bohong Belaka?
  32. Air Alkali & Penyakit Akibat Radikal Bebas
  33. Air Alkali & Bahaya Pestisida
  34. Air Alkali & Diet Ketofastosis
  35. Air Alkali & Surat untuk para Dokter
  36. Air Reverse Osmosis menurut WHO