SATU MESIN SEJUTA MANFAAT

Dapatkan kesehatan menyeluruh dengan air kangen. Ganti air minum anda dengan air kangen sekarang juga!

Miliki Segera

“DOK INFO NYA TENTANG ASAM URAT DONG. BERAWAL DARI APA? TERUS PENANGANAN DENGAN AIR KANGEN SEPERTI APA?”

Aswrb. Hari ini saya lagi rada nyantei nih, nggak ada jadwal poliklinik di RS, jadi bisa diskusi rada lama, mungkin 30 menit ke depan. Bismillah. Moga-moga bermanfaat.

Saya coba menjawab pertanyaan ini dengan konsep “PERUBAHAN PARADIGMA” seperti yang ditekankan di WS3 kemarin yah.

Inilah salah satu perbedaan utama dari WS1 dan 2, dengan WS Gelombang ke-3.

Jadi, khusus buat alumni gelombang ke-1 dan ke-2, tulisan ini sebaiknya dapat perhatian khusus, karena di WS 1 dan 2, walau sudah dibahas, tapi belum dapat penekanan spesial.

Sebenernya, saya pribadi punya perasaan bersalah ke para alumnus yang lama, karena di WS1 dan WS2, saya masih mencari bentuk, format, fokus, dan sistematika yang paling pas untuk WS air alkali ini.

Baru di WS gelombang ke-3, bentuk, format, fokus, dan sistematikanya udah lebih terarah, sampai fokusnya langsung ke PERUBAHAN PARADIGMA, bukan sekedar PERUBAHAN PERSPEKTIF.

Jadi, nanti kalo ada waktu dan rezeki, mohon ikutan lagi WS gelombang ke-4 dan selanjutnya di Karawang yah, atau ikut WS di kota-kota yang mengundang saya sebagai narasumber. Gratis kok, paling bayar konsumsi aja.

Oh, iya. Buat alumni WS 1 dan 2, yang perlu file-file terbaru dari WS 3, bisa kontak langsung ke Pak Alfian. Rencana mau dibuat Google Drive-nya, biar semua alumnus WS bisa download file-file terbaru, termasuk presentasi materi WS gelombang-gelombang selanjutnya, yang moga-moga bisa terus diperbaiki dan disempurnakan.

—————————————

SESI 1:
APAKAH ASAM URAT YANG TINGGI ITU BERBAHAYA?

Ratusan penelitian di dunia kedokteran menunjukkan bahwa kadar asam urat yang tinggi di dalam darah berhubungan dengan peningkatan beberapa penyakit berat, antara lain:
1. Rematik sendi jenis gouty arthritis, jenis rematik yang nyerinya termasuk paling hebat dari seluruh nyeri rematik.
2. Kerusakan ginjal melalui pembentukan batu asam urat.
3. Kerusakan ginjal langsung akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi.
4. Dihubungkan dengan hipertensi, sindroma metabolik, dan penyakit jantung dan pembuluh darah.

“Despite the modest antioxidant activity exerted by uric acid, hyperuricemia is a potentially harmful condition. It favors precipitation of uric acid crystals in joints and tissues, leading to complications such as gout, nephrolithiasis and chronic nephropathy. Besides these well-known conditions, hyperuricemia has been also recently associated with hypertension, metabolic syndrome and cardiovascular diseases, resulting in an effective therapeutic target for cardiovascular prevention.”

(Walau asam urat memiliki efek aktivitas antioksidan yang cukup baik, kadar asam urat yang tinggi/hiperurisemia merupakan kondisi yang berbahaya. Hal ini akan memudahkan penumpukan kristal asam urat di sendi dan jaringan, yang akhirnya akan menyebabkan berbagai komplikasi seperti rematik gout, batu ginjal, dan gangguan fungsi ginjal yang kronis. Selain itu, hiperurisemia dihubungkan dengan hipertensi, sindroma metabolik, dan penyakit jantung dan pembuluh darah).

TAKE HOME MESSAGE:
Kalo mau edukasi dan menjelaskan bahwa asam urat itu berbahaya, jangan cuma modal kata si ini, atau kata si itu, testimoni ini atau testimoni itu. Berikan data objektif, penelitian yang terpercaya, dan fakta-fakta ilmiah yang menunjukkan bahwa kadar asam urat yang tinggi itu memang berbahaya secara meyakinkan, sehingga memang harus diturunkan.

(Referensi: Materi WS “Lebih Memahami Cara Berpikir di Dunia Kedokteran”)

—————————————

SESI 2:
BAGAIMANA PARA DOKTER MENURUNKAN KADAR ASAM URAT DAN KOMPLIKASINYA?

Seperti yang diuraikan panjang lebar di WS gelombang 1-3, SENJATA dokter-dokter di seluruh dunia:
– dari Amerika sampai Eropa-Afrika-Asia-Australia;
– dari Kutub Utara sampai Kutub Selatan;
– dari Sabang sampai Merauke;

untuk PENGOBATAN & PENCEGAHAN penyakit apapun, termasuk untuk komplikasi berbahaya dari kadar asam urat CUMA ADA 3:
1. Diet yang seimbang
2. Olahraga dan pola hidup yang sehat
3. Obat-obatan

Jadi awalnya, untuk menurunkan asam urat, dokter akan meminta bapak/ibu untuk melaksanakan diet rendah purin (diet khusus untuk penderita asam urat) dan berolahraga teratur terlebih dahulu.

Apakah cara ini efektif? Tentu saja, ASAL bisa dilaksanakan dalam jangka panjang. Jangka panjangnya berapa lama? YA SEUMUR HIDUP.

Mengapa seumur hidup? Karena pencegahan adalah proses yang panjang, musti disiplin, harus konsisten, dan kudu terus menerus. Nggak bisa dong, pasien yang berisiko tinggi terkena penyakit gula atau darah tinggi (misalnya karena salah satu orang tuanya menderita diabetes atau hipertensi), ikut program pencegahan dengan rajin berolahraga dan diet seimbang cuma selama 1-2 tahun aja. Bentar amat Mas, sama aja bohong.

Jadi, yang namanya PENCEGAHAN itu harus DISIPLIN, KONSISTEN, TERATUR, & TERUS MENERUS. Pokoknya harus SEUMUR HIDUP. Pake titik nggak pake koma.

Jadi diet, olahraga, dan minum obat ini terbukti EFEKTIF kan? Tapi apakah EFISIEN?

Jawabannya: KURANG EFISIEN BOS.

Sebuah penelitian yang mempelajari literatur dari tahun 1970-2005 tentang kepatuhan pasien menunjukkan bahwa angka kepatuhan jangka panjang akan perubahan pola hidup (diet, olahraga, dan pola hidup sehat) HANYA 20-30% SAJA.

“The rate of compliance for short-term therapy was much higher at between 70% and 80%, while the compliance with lifestyle changes was the lowest at 20%–30% (DiMatteo 1995).”

(Tingkat kepatuhan terapi jangka pendek cukup tinggi antara 70-80%, namun kepatuhan terhadap perubahan pola hidup ada di angka terendah hanya 20-30% saja).

Jadi gimana dong? Akhirnya, sang dokter selain tentu saja akan menyarankan pasien untuk diet dan berolahraga, biasanya juga (pastinya kalee) akan meresepkan OBAT penurun asam urat.

(Bocoran aja yah, sayangnya, itu pun menurut penelitian yang sama di atas, tingkat kepatuhan untuk minum obat dalam jangka panjang cuma 40-50% saja).

(Referensi: Materi WS “Seminar Kesehatan”)

—————————————

SESI 3:
BERAPA LAMA MINUM OBAT ASAM URATNYA DOK?

Berapa lama pasien harus minum obat asam urat untuk menjaga asam uratnya tetap di nilai yang normal dalam jangka waktu belasan bahkan puluhan tahun ke depan?

Jawabannya: TERGANTUNG.

Tergantung seberapa patuh pasien menjalankan diet, pola hidup sehat, dan olahraga ketika ybs tidak lagi minum obat.

Kalo kepatuhannya rendah (penelitian di atas menunjukkan cuma 20-30% pasien aja yang bisa terus disiplin berdiet dan berolahraga), berarti besar kemungkinan pasien AKAN KEMBALI MINUM OBAT DALAM WAKTU YANG LAMA DAN TERUS MENERUS.

Mengapa bakal terus menerus?

Karena seseorang yang asam uratnya pernah tinggi, cenderung lebih mudah mengalami peningkatan kadar asam urat, baik karena faktor genetik, pola hidup, maupun lingkungan.

STOP PRESS! Dari artikel ilmiah di atas, ternyata ada fakta ilmiah yang malah jauh lebih penting.

Ternyata, mereka yang keluarganya (orang tua, adik kakak, kakek nenek, paman bibi) menderita asam urat yang tinggi atau menderita penyakit akibat komplikasi asam urat, MEMILIKI RISIKO TERKENA PENYAKIT YANG SAMA HINGGA BERKALI-KALI LIPAT LEBIH TINGGI, dibanding mereka yang keluarganya bebas dari penyakit asam urat.

TAKE HOME MESSAGE:
Saat edukasi, fokus pada orang yang sehat. Jangan fokus pada orang sakit. Anggap aja prospek yang sakit cuma bonus (pahala) aja, bonus yang mengantarkan kita untuk mengedukasi orang-orang sehat di sekitar sang pasien, yang sebenarnya akan mendapat manfaat yang lebih besar dibandingkan sang pasien itu sendiri.

SATU ORANG YANG SAKIT HADIR BERSAMA ROMBONGAN ORANG SEHAT YANG BERISIKO TINGGI.

Seorang pasien diabetes, misalnya, mungkin memiliki 2-3 saudara kandung, 4-5 anak yang masih sehat walafiat, dan belasan cucu yang BERISIKO TINGGI menderita diabetes di kemudian hari.

SELALU INGAT!

Target edukasi air alkali yang utama adalah ORANG SEHAT, karena seperti ditekankan berulang-ulang di WS Gelombang ke-3 kemarin, yang berusaha dibuktikan secara mendalam dengan fakta-fakta ilmiah yang bisa dipertanggung jawabkan, bahwa manfaat terbesar dari air alkali adalah pada PENCEGAHAN PENYAKIT.

Dan manfaat terbesar dari pencegahan penyakit akan diperoleh oleh orang ORANG SEHAT WALAFIAT YANG BELUM SAKIT APA-APA.

Nah, kembali ke asam urat.

Ingatkan dan tekankan ke SELURUH keluarga pasien, bahwa karena mereka (sialnya) punya keluarga dengan komplikasi asam urat yang tinggi, maka walaupun SAAT INI MASIH SEHAT, tapi dalam beberapa tahun ke depan mereka semua MEMILIKI RISIKO TINGGI menderita penyakit dan komplikasi asam urat, bila dibanding mereka yang (beruntung) tidak dilahirkan di tengah keluarga dengan asam urat yang tinggi.

Jadi siapa sebenarnya yang lebih penting untuk mulai minum air alkali? Pasiennya yang sakit, atau malah keluarganya yang masih sehat?

Jawabannya: Yang lebih mendesak, ya pasiennya. Tapi yang lebih strategis dan bermanfaat dalam jangka panjang, ya keluarganya yang masih sehat walafiat. Karena bisa mencegah peningkatan asam urat dan komplikasinya, sehingga seluruh keluarganya yang masih sehat tadi bisa tetap sehat hingga usia lanjut.

(Referensi: Materi WS “Problem & Solution”)

—————————————

SESI 4:
APAKAH EFEK SAMPING MINUM OBAT ASAM URAT DALAM JANGKA PANJANG?

Salah satu obat paling sering digunakan untuk menurunkan asam urat adalah ALLOPURINOL. Sebenarnya, obat ini relatif aman tanpa banyak efek samping yang berbahaya. Walaupun demikian, efek samping bisa timbul dalam dalam bentuk reaksi alergi, efek samping jangka pendek, dan terutama efek samping bila digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Tapi anggaplah relatif aman, SIAPA SIH YANG SENENG MINUM OBAT TERUS-TERUSAN?

TAKE HOME MESSAGE:
Jangan suka lebay kalo edukasi. Jangan suka takut-takutin prospek, misalnya dengan bilang semua obat (kimia) berbahaya buat ginjal, liver dsb, cuma supaya edukasinya lebih cetar membahana dan makin segera closing mesin.

Sebenarnya hanya beberapa obat aja yang bahaya bila dikonsumsi jangka panjang, seperti obat rematik, steroid, dan beberapa obat lain. Banyak sekali obat-obat yang dikonsumsi tiap hari selama puluhan tahun, misalnya obat diabetes, hipertensi, obat jantung, dsb tapi aman tanpa efek samping yang berbahaya.

Edukasi itu harus jujur, ilmiah, objektif, dengan tujuan mencerahkan, dan merubah perilaku melalui perubahan pola pikir. Untuk merubah pola pikir, perlu waktu, dan perlu proses berulang-ulang. Jadi pastinya perlu kesabaran tingkat tinggi.

Tapi yang paling penting, perlu niat yang tulus ikhlas, jangan sampai orang-orang bisa ngelihat yang ada di mata kita cuma komisi aja, he-he-he…

Kalo masalah closing mesin, itu sih masalah rezeki.
Kalo masalah closing mesin, itu sih masalah hidayah.

Yang penting prospeknya bisa berubah pola pikir dan perilakunya secara bertahap.

Jangan ngotot, jangan emosi, jangan malah debat kusir.

Banyakin aja sedekah airnya, sambil terus mendoakan, agar pikiran dan hatinya dibukakan-Nya terhadap edukasi yang kita sampaikan dengan cara yang hikmah, lewat fakta-fakta ilmiah yang bisa dipertanggung jawabkan.

“Speak from your soul, and every heart will understand.”
(Margaret M. Painter)

(Referensi: Materi WS “Modern Medicine” dan “Motivasi Bisnis”)

—————————————

SESI 5:
NAH, PERTANYAAN UTAMANYA, BENER NGGAK SIH AIR ALKALI BISA MENURUNKAN ASAM URAT?

“Tolong dong Dok, dicariin testimoninya? Atau pendapat ahli kedokteran tentang manfaat air alkali pada asam urat?”

Loh, kok berhenti di testimoni dan expert opinion?
Kalo ada penelitiannya, kenapa harus testimoni. Bahkan, kalo penelitiannya banyak, kenapa harus berhenti di expert opinion. Jelasin aja langsung penelitiannya.

Kenapa begitu? Inget kan, di salah satu materi WS, yang membahas “Modern Medicine”, ada diagram hirarki yang menunjukkan bahwa bahkan pendapat seorang profesor kedokteran senior pun bisa gugur kalo ternyata opininya bertentangan dengan penelitian yang baru dilakukan pada binatang percobaan (animal research), bahkan belum diuji pada manusia.

Nah sekarang, tanya aja ke prospeknya, mau penelitian air alkali pada asam urat yang di dalam negeri atau yang di luar negeri?

Ciee..

ABSTRAK: Generasi muda saat ini terancam risiko asam urat. Penyebab utamanya adalah pola hidup, termasuk pola makan dan olahraga yang tidak terkontrol. Cara yang sederhana, aman, dan efektif untuk membantu menurunkan kadar asam urat adalah dengan mengonsumsi banyak air minum. Responden dengan asam urat dipilih sebagai sampel penelitian. Sebanyak 100 responden bersedia melakukan uji eksperimen. Lima puluh responden meminum air non-alkali dan 50 responden meminum air alkali dengan pH 9,8 selama 14 hari. Dalam kurun waktu 14 hari dilakukan 4 kali pengecekan. Didapatkan bahwa dengan konsumsi air alkali terjadi penurunan secara signifikan kadar asam urat 5-6 kali dibandingkan dengan responden yang mengonsumsi air non-alkali.

Tapi kalo situ tergolong anak alay yang luar-negeri-minded, penelitian di luar negeri juga ada nih:

http://www.sciencedirect.com/…/article/pii/S0924224411002408

“Sebuah uji klinis tersamar ganda di Universitas Hiroshima Jepang dilakukan pada 100 subjek yang dimulai di bulan November 2008. Hasil penelitian pada 100 sukarelawan menunjukkan bahwa 2 liter air alkali yang diminum selama 10 bulan ternyata memiliki efek anti sindroma metabolik, yaitu menurunkan kadar glukosa darah puasa, tekanan darah, kolesterol total, kolesterol LDL, trigliserida, fungsi liver, ASAM URAT, indeks arteriosklerosis, selain mampu meningkatkan kadar leptin secara bermakna (hormon yang salah satunya berfungsi menurunkan nafsu makan).”

https://www.facebook.com/andipratama.dharma/posts/1791755641075878

Heran saya kalo masih ada dokter yang BERANI BILANG bahwa air alkali NGGAK EVIDENCE BASED? BACA DULU WOY! Jurnalnya ada 600-an tuh.

TAKE HOME MESSAGE:
Biasakan lebih mengedepankan dan mengutamakan fakta ilmiah, penelitian, riset, jurnal, dan pendapat para ahli kedokteran, dibanding cuma sekedar kesaksian. Coba dikurangi edukasi yang berpindah-pindah dari satu testimoni ke testimoni yang lain. Edukasi yang kalo nggak bawa alat demo jadi kurang pede dan deg-degan.

Boleh aja sih, testimoni dipakai untuk memperkuat ikatan emosional, terutama kalo datang dari orang-orang yang dikenal langsung oleh prospek ybs.

Tapi inget juga yah, jangan sampai testimoni bertentangan dengan penelitian ilmiah di berbagai jurnal kedokteran. Misalnya, testimoni bahwa air alkali bisa total menyembuhkan berbagai jenis kanker tanpa kemoterapi tanpa radiasi, malah bisa membahayakan pasien. Bisa-bisa kankernya malah sudah menyebar dan terlambat ditangani gara-gara saran kita, atas dasar 1-2 testimoni penderita kanker yang katanya “sembuh” gara-gara minum air alkali.

Bukankah sering sekali dikumandangkan agar menjadikan niat utama kita melakukan edukasi adalah untuk IBADAH, yaitu dengan mengajak seluruh relasi kita agar hidupnya lebih sehat.

“Barangsiapa yang BERIBADAH kepada Allah TANPA ILMU, maka dia akan membuat (LEBIH) BANYAK KERUSAKAN daripada mendatangkan kebaikan.”(Umar bin Abdul Aziz)

Itulah pentingnya ikutan workshop air alkali.

Jangan cuma berhenti di pelatihan dan pembekalan tentang motivasi dan cara meluruskan niat, teknik marketing dan inviting, strategi closing mesin, pengembangan dan pembinaan jaringan, teknik komunikasi, kiat presentasi, cara optimalisasi facebook dan instagram, dll-dst-dsb.

Hal terpenting yang malah sering kita lupakan adalah pendalaman terhadap dasar-dasar utama tentang air alkali, yang ternyata masih sangat minim.

Masa berani bilang Kangenpreneur sejati, tapi pas ditanya seputar air alkali aja masih suka keringat dingin, he-he-he…

“Ilmu adalah pemimpin amal dan amalan itu berada di belakang setelah adanya ilmu.” (Muadz bin Jabal r.a.)

Kangenpreneur itu harusnya adalah seseorang yang benar-benar menguasai dasar-dasar air alkali, memahami manfaat utama dan prinsip-prinsip penggunaannya, serta bisa menjawab segala pertanyaan dan masalah seputar air alkali from A to Z. Kalo cuma sekedar jago jualan mesin, itu sih namanya marketing supervisor.

“Barangsiapa yang menginginkan dunia maka hendaklah dengan ilmu. Barangsiapa yang menginginkan akhirat, maka hendaklah dengan ilmu. Barangsiapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah dengan ilmu.” (Imam Syafii)

(Referensi: Materi WS “Pengantar” & “Sejarah dan Manfaat Air Alkali”)

—————————————

SESI 6:
TERUS APA DONG KELEBIHAN MINUM AIR ALKALI DIBANDING MINUM OBAT?

Ya ampun, masih belum kebayang?

PERTAMA. Kalo minum obat asam urat, kolesterolnya ikut turun nggak? Gulanya ikut bagus nggak? Tensinya jadi turun nggak? Fungsi liver ama ginjalnya ikut membaik nggak? Badannya bisa jadi kurus nggak?

Ya kagak dong. Obat asam urat sih bener-bener cuma buat nurunin asam urat aja. Titik nggak pake koma.

Tapi kalo kita minum air alkali, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa selain menurunkan asam urat, air ini juga dapat menurunkan berbagai parameter kesehatan lain, yang sangat penting dalam dunia kedokteran.

Sebuah penelitian di Jepang pada 411 pasien diabetes tipe 2 (rata-rata 71,5 tahun) yang minum 2 liter air alkali per hari, setelah minum selama 6 hari, sekitar 45% pasien menurun kadar gula darahnya secara bermakna. Kadar gula dan HbA1c juga terus membaik setelah minum air alkali dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, kadar kolesterol total, kolesterol LDL, kolesterol HDL, dan kreatinin (fungsi ginjal) ikut membaik secara bermakna. Bila diminum terus dalam waktu yang lebih lama, jumlah partisipan yang mengalami perbaikan (dari 45%) terus meningkat secara bermakna.

Pada penelitian lain di First Central Hospital di China, setelah minum 2 liter air alkali selama dua bulan, perbaikan gula darah yang signifikan dilaporkan terjadi pada 89% dari 65 pasien diabetes dan 92% dari 50 pasien dengan dislipidemia (kolesterol yang tinggi).

Ini link ke literaturnya:
http://www.sciencedirect.com/…/article/pii/S0924224411002408

KEDUA. Bisa nggak bikin obat asam urat sendiri di dapur? Nah, kalo punya mesin air alkali sendiri, tiap kali asam uratnya tinggi, tinggal bikin sendiri “obat asam urat” di wastafel masing-masing. Minum minimal 2-3 liter sehari, modalnya cuma 500 perak per liternya.

Enaknya, “obat asam urat” yang bisa diproduksi sama ART karena sederhana prosesnya, membuat badan kita malah makin segar, mengandung antioksidan yang melimpah, dan kaya molekul hidrogen dengan banyak sekali manfaat kesehatan dalam jumlah yang sangat tinggi ketika baru keluar dari mesinnya. Jadi nggak perlu sering-sering beli suplemen ke apotek.

Oh iya, nanti tiga sampai enam bulan lagi, kalo udah rutin minum air alkali teratur langsung dari mesinnya, cek up ke dokter yah. Biasanya gula darahnya ikut turun, tekanan darah jadi lebih bagus, kolesterolnya jadi normal, dan timbangan juga kadang turunlah 1-2 kg aja sih. Anggap aja bonus.

KETIGA. Anggap aja ternyata kita termasuk manusia langka yang bisa disiplin berolahraga, konsisten menjaga diet yang seimbang, dan teratur minum obat asam urat. Dijamin turun deh asam uratnya. Tapi apa pasangan kita asam uratnya jadi ikut turun juga? Apa anak-anak tercinta kita jadi ikut sehat gara-gara kita rajin olahraga dan diet seimbang?

YA NGGAK DONG.

Tapi kalo kita udah punya mesin air alkali sendiri, nggak mungkin dong yang minum cuma kita sendiri. Suami/istri pasti minum, anak-anak pasti minum. Orang tua dan mertua tercinta pun, kalo tinggal di kota yang sama, juga bisa ikutan minum.

Malah, kalo punya jiwa sosial yang tinggi, TETANGGA SATU RT sama keluarganya juga bisa ikut sehat dengan kita gratisin minum air alkali. Kenapa? Karena kapasitas produksi mesin yang paling sederhana aja bisa sampai 500 liter per hari, dengan biaya produksi yang sangat terjangkau.

Wahai Rasulullah, sedekah apakah yang paling utama? Beliau menjawab, “Sedekah air.” (Al-Hadist)

KEEMPAT. Berapa lama situ betah minum obat asam urat? Atau obat-obatan buat darah tinggi atau gula darah, misalnya?

Sebulan, dua bulan? Setahun, dua tahun?

Karena semua orang tahu bahwa minum obat itu tidak enak dan membosankan, nggak heran dari penelitian di atas, tingkat kepatuhan minum obat dalam jangka panjang cuma 40-50% saja.

Nah kalo kepatuhan minum air alkali?

Pernah denger orang sehari sampai LUPA MINUM AIR?

Sepuluh tahun saya praktek penyakit dalam, dari waktu ke waktu, ada aja pasien yang ngomong begini:
“Aduh, nggak sempet olahraga lagi Dok. Punten, makannya juga susah diatur, soalnya banyak undangan kawinan bulan ini. Obat juga jarang diminum, udah rada bosen minum obat terus 5 tahun terakhir.”

Tapi nggak pernah ada pasien yang ngomong begini:
“Ya ampun Dok, kemarin sampai lupa nggak minum air seharian.”

Tapi kan minumnya juga harus banyak?

BAHKAN buat mereka yang nggak biasa banyak minum, kasusnya bisa berbeda 180 derajat kalo minumnya diganti dengan air alkali.

Air alkali dikatakan para ahli kesehatan terkemuka, lebih mudah diserap, lebih enak rasanya, lebih segar, dan lebih cepat menghidrasi sel-sel dan jaringan tubuh dibanding air biasa. Nggak percaya?

Dr. David S. Dyer, penulis buku “The Cell Food” menulis dalam bukunya,
“Air alkali yang direstrukturisasi mungkin merupakan elemen dan suplemen terbaik yang bisa Anda berikan bagi tubuh Anda. Orang-orang Jepang telah mengkonsumsi dan meneliti cairan ini lebih dari 40 tahun, dan membuktikan bahwa air alkali dapat memulihkan hampir semua penyakit dan kelainan yang bisa Anda bayangkan. Selama 6 tahun saya menggunakannya (untuk pasien-pasien saya), saya juga menemukan hal yang sama. Cairan alkali SANGAT LEMBUT, LEBIH SEGAR, MENGHIDRASI, MEMBERI ENERGI, MUDAH DISERAP, DAN MENGANDUNG ANTIOKSIDAN YANG KUAT. Bukankan cairan seperti ini yang seharusnya Anda minum?

Dr. Corinne Allen, seorang pakar autisme yang mengelola anak-anak berkebutuhan khusus lebih dari 30 tahun di kliniknya di Idaho AS mengatakan,
“Air Alkali mampu memberikan anak-anak dengan autisme antioksidan dalam jumlah yang besar, MEMPERBAIKI STATUS HIDRASINYA, dan memperbaiki semua spektrum kelainan. Ketika Anda menderita Post Traumatic Stress Disorder (PTSD), migrain, vertigo, dan berbagai kelainan saraf lainnya, otak Anda mengalami pembengkakan dan sawar darah otak juga mengalami gangguan. Pada kondisi tersebut, air alkali adalah SATU-SATUNYA CAIRAN yang dapat dengan SEMPURNA MELEWATI & MENGHIDRASI OTAK ANDA.”

KELIMA. Penggunaan obat jangka panjang, apalagi sampai bertahun-tahun dihubungkan dengan berbagai efek samping, baik ringan hingga berat. Selain itu, tidak semua orang bisa minum obat tertentu. Bila ada gangguan fungsi ginjal atau fungsi liver misalnya, beberapa obat juga tidak dapat diberikan.

Tapi minum air alkali selama puluhan tahun, TERBUKTI AMAN menurut rekomendasi dari Departemen Kesehatan Jepang sejak tahun 1966 hingga 2016. Hampir 50 tahun air alkali dan mesinnya digunakan masyarakat Jepang tanpa pernah dilaporkan adanya efek samping yang berbahaya, baik pada anak-anak hingga lansia, pada orang sehat hingga pasien dengan gangguan fungsi organ tertentu.

Sumber terlengkap mengenai sejarah penggunaan air alkali di Jepang, termasuk seluruh penelitian para peneliti di Jepang mengenai keamanan dan manfaat air alkali bagi kesehatan, dan indikasi resmi air alkali yang diakui oleh Depkes Jepang, bisa dilihat di link berikut ini, dari situs resmi Association of Alkaline Ionized Water Apparatus Jepang:

http://www.3aaa.gr.jp/english/alkali/kk.html)

Tentang keamanan mesinnya:
“Penelitian mengenai keamanan melalui tes properti fisik. Riset kerjasama Fakultas Kedokteran Universitas Kyoto dan Fakultas Teknik Universitas Shiga Prefectural: Penelitian pada elektroda, membran, dan promotor elektrolisis serta produk yang dihasilkan telah dilakukan. Hasil analisisnya menunjukkan bahwa tidak ditemukan masalah prinsip dalam penggunaannya.”

Tentang keamanan produknya:
“Keamanan air alkali terionisasi. Sejak air alkali terionisasi mendapat persetujuan sebagai metode kesehatan, air ini telah digunakan di pasaran selama lebih dari 30 tahun. Meskipun tidak ditemukan laporan dalam hal masalah keamanannya, penelitian yang berkelanjutan mengenai keamanan, tes properti fisik, dan tes toksisitas sebelum melakukan uji klinis harus terus dilakukan.”

Nah, sekali beli mesin sendiri, usia mesinnya bisa mencapai 20-25 tahun dengan perawatan yang mudah dan sederhana. Jadi selain aman, memang bisa dipake JANGKA PANJANG juga. Ditambah produksinya bisa sampai 500 liter per hari kan.

TAKE HOME MESSAGE:
Minum air alkali langsung dari mesinnya merupakan cara yang PARIPURNA untuk meningkatkan kualitas kesehatan sekaligus menjadi program pencegahan berbagai penyakit untuk seluruh keluarga besar dalam jangka waktu yang panjang.

Paripurna di sini artinya apa?
Mudah, murah, efektif, efisien, aman, dan bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah. Titik nggak pake koma.

KESIMPULAN:
1. Asam urat yang tinggi berbahaya, sehingga harus diturunkan. Modal dan senjata para dokter untuk menurunkan asam urat cuma melalui pola hidup sehat (diet seimbang dan olahraga), dan minum obat-obatan.

2. Sayangnya, tingkat kepatuhan jangka panjang ketiga modalitas di atas sangat rendah, hanya 20-30% untuk pola hidup, dan 40-50% untuk obat-obatan. Padahal kepatuhan sangat penting dalam program pencegahan komplikasi asam urat, karena mereka dengan asam urat yang tinggi cenderung berulang kali mengalami kenaikan asam urat.

3. Air alkali terbukti secara ilmiah melalui berbagai penelitian di jurnal kedokteran internasional, dapat menurunkan asam urat bila dikonsumsi secara teratur.

4. Untungnya selain dapat menurunkan asam urat, air alkali yang diproduksi mesin elektrolisis dapat juga secara bertahap memperbaiki parameter kesehatan lain (gula darah, tekanan darah, kolesterol, fungsi liver dan ginjal dll), bisa diproduksi sendiri di rumah, dapat digunakan untuk seluruh keluarga besar karena kapasitas produksinya yang besar, ideal untuk program pencegahan jangka panjang karena tingkat kepatuhan minum air yang relatif tinggi, keamanannya yang luas untuk segala usia dan segala kondisi gangguan organ, dan usia mesin yang bisa mencapai 20-25 tahun.

5. YANG PALING PENTING: Air alkali memang bermanfaat bagi PASIEN dengan asam urat yang tinggi. Tapi MANFAAT TERBESAR dari air alkali adalah untuk program PENCEGAHAN peningkatan & komplikasi akibat asam urat pada ANGGOTA KELUARGA DARI PASIEN tersebut. Merekalah yang walaupun saat ini masih sehat walfafiat, akan mendapat MANFAAT MAKSIMAL dari air alkali, karena mereka memiliki RISIKO TINGGI mengalami penyakit yang sama.

(Referensi: Materi WS “Seminar Kesehatan” & “Manfaat Mesin”)

—————————————

Nah yang terakhir ini, menurut saya malah adalah materi TERPENTING dari WS gelombang ke-3 kemarin.

THE FINAL TAKE HOME MESSAGE:
Ubahlah paradigma edukasi air alkali Anda:
– dari fokus pengobatan ke PENCEGAHAN
– dari fokus orang sakit ke ORANG SEHAT
– dari program jangka pendek ke PROGRAM JANGKA PANJANG
– dari testimoni ke FAKTA ILMIAH

dan yang PALING PENTING:

– dari fokus kejar komisi, closing mesin, naik peringkat, atau kebebasan waktu dan finansial, ke niat tulus MENYEHATKAN semua orang yang kita kenal dan sayangi.

Sungguh, di tangan kita dititipkan KUNCI KESEHATAN, aspek terpenting dalam kehidupan yang tidak ada yang lebih penting selainnya, kecuali KEIMANAN.

Rasululllah saw bersabda, ”Mohonlah kepada Allah kesehatan. Sesungguhnya karunia yang lebih baik sesudah keimanan adalah kesehatan.”(HR Riwayat Ibnu Majah)

HAMBA YANG SAKIT, HAMBA YANG DIISTIMEWAKAN-NYA
Dan begitu besarnya nilai kesehatan ini, sampai-sampai mereka yang SEKEDAR MENENGOK ORANG YANG SAKIT SAJA mendapat doa dari 70 ribu malaikat dari pagi hingga petang, dan dijanjikan kebun-kebun surga.

“Apabila seseorang menjenguk saudaranya (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk. Apabila telah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan begitu deras. Apabila ia menjenguknya di pagi hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila ia menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.”
(HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih)

SEKARANG RENUNGKAN YUK?
Bisa kebayang nggak pahala seorang dokter, bila saat tiap visite pasien, sang dokter bisa meluruskan niatnya, bukan hanya semata mencari nafkah buat keluarganya tercinta, tapi terutama untuk menengok saudaranya yang sakit.

Bila mereka yang HANYA MENENGOK tanpa memberi obat saja mendapat ganjaran yang begitu besarnya, bayangkan balasan bagi seorang dokter yang MENENGOK sambil MEMBANTU sang pasien KEMBALI SEHAT dengan memberi obat-obatan dan berbagai tindakan medis? Berapa ratus ribu malaikat yang mendoakan sang dokter, berapa hari, dan berapa kebun surga yang bakal diperolehnya?

BUT NOW, YOU DON’T HAVE TO BE A DOCTOR TO SAVE LIVES.

Dengan niat edukasi yang tulus dan ikhlas, kita malah bisa mendapat ganjaran yang lebih besar dari sang dokter.

Lho kok bisa?

Karena para dokter tadi, betapa pun mulia dan tulusnya niat mereka, cuma bisa sekedar membantu SATU pasien untuk lekas sembuh. Mereka tidak bisa membantu pasien tersebut agar TETAP SEHAT HINGGA USIA LANJUT.

Dan yang juga penting, betapapun besarnya usahanya, para dokter tadi tidak mungkin bisa membantu SELURUH ANGGOTA KELUARGA sang pasien untuk bisa hidup sehat hingga puluhan tahun yang akan datang.

THE STORY OF MINE
Saya dianugrahi rezeki dan hidayah dari Allah, Yang Ilmunya Meliputi Segala Sesuatu, untuk mengenal dan mulai mempelajari secara cukup mendalam tentang air alkali dan mesin elektrolisis ini, di awal Mei 2016 yang lalu.

Saya pelajari ratusan jurnal, pendapat puluhan pakar kesehatan, ayat-ayat Qur’an dan hadist tentang air dan kesehatan, testimoni ratusan pasien di klinik yang saya kelola mengenai manfaat dan keamanan dari air alkali ini, dan mencoba mengkaitkannya dengan pengalaman dan wawasan saya sebagai seorang internist selama 10 tahun terakhir.

Saya berusaha menghadirkan puluhan tulisan yang bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah namun mudah dipahami kalangan awam, berbagai workshop air alkali untuk kalangan medis dan non-medis, dan menjawab konsultasi seputar manfaat dan penggunaan air alkali ini di berbagai media sosial, sebagai bentuk rasa syukur.

Semoga semua itu juga mampu sedikit mengurangi beban tanggung jawab atas amanah ilmu baru yang dimasukkan ke otak saya oleh-Nya, ilmu baru yang bagi saya sebagai seorang dokter, terasa begitu indah dan menakjubkan.

Dalam perjalanan ilmiah (dan sedikit spiritual) hingga hari ini, saya sampai pada satu kesimpulan penting tentang air alkali dan mesinnya ini:

“Bila Anda ingin membuat orang-orang yang Anda sayangi dan seluruh keluarganya untuk sehat dan produktif hingga usia lanjut, maka hal terpenting dan paling utama yang bisa Anda lakukan cuma satu: Edukasi (dan doakanlah) selalu agar orang tersebut bisa menghadirkan mesin air alkali di rumahnya. Setelah itu beres, maka pekerjaan Anda selanjutnya akan sangat-sangat sederhana.”

BUKAN SEKEDAR MATERI
Bisnis air alkali ini BUKAN SEKEDAR BISNIS semata. Bukan sekedar mengejar komisi, bukan sekedar mencari peringkat, dan bukan sekedar memperjuangkan kebebasan waktu dan finansial. Dan sebaliknya pula, kelapangan rezeki tidak boleh dijadikan tolak ukur keberhasilannya.

“Adapun manusia apabila Tuhannya mengujinya lalu dia dimuliakan-Nya dan diberi-Nya kesenangan, maka dia akan berkata: “Tuhanku telah memuliakanku. Adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rezekinya maka dia berkata: “Tuhanku menghinakanku”.
(Q.S. Al-Fajr 15-16)

Di tangan kita dititipkan KUNCI SUATU PERKARA yang tidak ada yang lebih penting daripadanya, kecuali IMAN.

Kalau saja kita tahu dan mau terus membekali diri kita tentang potensi besar dan manfaat utama dari air alkali ini bagi kesehatan, maka sungguh kita akan sungkan bila hanya mengejar komisi dan peringkat; sungguh kita akan jengah bila terlalu menjual kesuksesan materi dari bisnis ini.

Andai saja kita tahu apa potensi air alkali ini bagi kesehatan umat manusia, niscaya kita akan terus dan terus melakukan edukasi, bahkan ketika TIDAK ADA KOMISI yang mengalir ke rekening kita.

Apalah artinya seratus juta sebulan, komisi semiliar atau dua miliar, gaji puluhan ribu dolar sebulan. It’s just money.

Seperti kata Rasululllah saw saat usai perang Hunain tentang harta rampasan perang yang tidak beliau bagikan kepada penduduk Medinah. “Hai kaum Anshar, apakah kalian bersedih karena tidak menerima sejumput sampah keduniaan yang tidak ada artinya?”

“Sesungguhnya rizki akan mengejar seorang hamba seperti ajal mengejarnya” (HR. Ibnu Hibban, dihasankan oleh syekh Al Bani)

Ibnul Qayyim berkata:
“Fokuskanlah pikiranmu untuk memikirkan apapun yang diperintahkan Allah kepadamu. Jangan menyibukkannya dengan rezeki yang sudah dijamin untukmu. Karena rezeki dan ajal adalah dua hal yang sudah dijamin, selama masih ada sisa ajal, rezeki pasti datang. Jika Allah, dengan hikmahNya, berkehendak menutup salah satu jalan rezekimu, Dia pasti, dengan rahmatNya, membuka jalan lain yang lebih bermanfaat bagimu.

BUKAN SEKEDAR PEJUANG KELUARGA
Tapi bisnis ini juga bukan sekedar mencari nafkah yang halal. Kalo masalah menjemput rezeki, masih banyak profesi lain yang bisa dipilih.

Andai saja kita tahu apa potensi air alkali ini bagi kesehatan umat manusia, niscaya kita akan terus dan terus melakukan edukasi, bahkan ketika tidak ada lagi KELUARGA YANG HARUS DIPERJUANGKAN, dan tidak ada lagi nafkah yang harus dijemput.

Maka pilihlah niat dengan ganjaran tertinggi.
“Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya.” (HR Bukhari)

Sayang sekali bila kita menjalani bisnis ini hanya untuk sekedar menjadi pejuang keluarga.

Jangan berhenti di pejuang keluarga. Jadilah PEJUANG KESEHATAN KELUARGA, yang berjibaku menghadirkan SEBUAH KARUNIA, yang hanya bisa dikalahkan dengan karunia IMAN, bagi seluruh orang-orang yang kita kenal dan sayangi.

Dengan meniatkan, memantaskan, dan terus membekali diri kita sebagai pejuang kesehatan keluarga, maka segala aktivitas edukasi yang kita lakukan akan senantiasa diiringi doa ratusan ribu malaikat, yang memanjatkan doa bagi kita hari demi hari, mengiringi setiap tetes air alkali dari mesin elektrolisis yang masuk ke tenggorokan setiap insan yang dititipkan-Nya untuk kita edukasi.

Wallahu ‘alam bishowwab.

“Aku tidak bermaksud kecuali (mendatangkan) perbaikan selama aku masih berkesanggupan. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepada Allah aku bertawakkal dan hanya kepada-Nya-lah aku kembali.”
(QS Hud 88)

Sumber:

KITA BUKAN (SEKEDAR) PEJUANG KELUARGA(Take Home Message dari Workshop Air Alkali Gelombang Ke-3: Change Your…

Dikirim oleh Andi Pratama Dharma pada 1 November 2017

  1. Sejarah & Manfaat Air Alkali
  2. Sejarah & Manfaat Mesin Air Alkali Terionisasi (Situ Kok Suka Maksa Sih)
  3. Air Alkali: Penelitian Ilmiah & Testimoni Positif Dari Para Dokter
  4. Manfaat Memiliki Mesin Air Alkali Sendiri (Setidaknya, Bersyukurlah)
  5. Edukasi Air Alkali yang Penuh Rasa Hormat
  6. Air Alkali & Keluhan Akibat Asam Urat, Tekanan Darah, dan Kolesterol yang Tinggi
  7. Air Alkali: Panduan Minum & Mengelola Efek Samping
  8. Air Alkali & Stroke
  9. Air Alkali dan Penelitian di Bidang Neurologi dan Psikiatri
  10. Air Alkali pada Penyakit Rematik
  11. Air Alkali pada Penyakit Infeksi & Manfaatnya dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
  12. Air Alkali untuk Olahragawan hingga Atlet Profesional
  13. Air Alkali: Pilar Kelima Diabetes
  14. Air Alkali & Insulin (Situ Kok Suka Maksa Sih Bagian ke-2)
  15. Air Alkali pada Pasien Diabetes: Sebuah Laporan Kasus
  16. Air Alkali/Asam Kuat pada Luka Diabetes dan Penyakit Kulit yang Berat (Laporan Kasus)
  17. Air Alkali pada Asam Urat & Paradigma Edukasi Air Alkali
  18. Air Alkali & Hipertensi
  19. Air Alkali pada Gangguan Ginjal
  20. Air Alkali & Batu Ginjal
  21. Air Alkali, Kanker, & Pencegahannya
  22. Air Alkali pada Penyakit Maag & GERD
  23. Air Alkali pada Asma & PPOK
  24. Air Alkali pada Penyakit Autoimun & Alergi (Pengobatan & Pencegahan)
  25. Penelitian Air Alkali pada Penyakit Autoimun & Alergi
  26. Air Alkali untuk Anak Berkebutuhan Khusus
  27. Air Alkali: Efek Anti Aging & Kesehatan Kulit
  28. Air Alkali untuk Mencegah & Mengatasi Obesitas
  29. Air Alkali & Hambatan Utama dalam Preventive Medicine
  30. Air Alkali & Pencegahan Penyakit Berat
  31. Khasiat Air Alkali cuma Bohong Belaka?
  32. Air Alkali & Penyakit Akibat Radikal Bebas
  33. Air Alkali & Bahaya Pestisida
  34. Air Alkali & Diet Ketofastosis
  35. Air Alkali & Surat untuk para Dokter
  36. Air Reverse Osmosis menurut WHO