SATU MESIN SEJUTA MANFAAT

Dapatkan kesehatan menyeluruh dengan air kangen. Ganti air minum anda dengan air kangen sekarang juga!

Miliki Segera

Hari ini, tanggal 23 Juli 2017, tepatnya pukul 14.50, tiba-tiba pertanyaan di atas diposting salah satu member Grup Whatsapp ERW (Electrolyzed Reduced Water), nama ilmiah lain dari air alkali, tentang hipertensi dan pengobatannya.

Grup Whatsapp ERW Klinik Interna Medika adalah salah satu support system dari tim kami, beranggotakan lebih dari 200 member, berisi tanya jawab masalah seputar kesehatan secara umum, dan khususnya yang berkaitan dengan air alkali dan mesin air alkali (KanGen Water).

Kadang-kadang kalo lagi liburan gini, saya lagi banyak waktu, jadi jawabnya agak kreatif dikit. Sekarang coba dijawab dengan dialog imajiner, biar lebih mudah dipahami sama para member ERW dan keluarganya yang kebanyakan bukan tenaga kesehatan.

Dialog ini terinspirasi obrolan yang mungkin sudah ratusan kali terjadi di ruang praktek saya, dengan para pasien hipertensi dan keluarganya.

Saya share di Facebook ah, semoga bermanfaat buat semua yang baca.

——————————-

MENGAPA SIH HIPERTENSI (TEKANAN DARAH TINGGI) PENTING UNTUK DIOBATI DOK?

Jawab:
Karena hipertensi merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke di Indonesia dan di seluruh dunia. Mereka dengan hipertensi yang tidak terkontrol memiliki risiko terkena penyakit jantung dan stroke yang jauh lebih tinggi dalam 10-20 tahun ke depan, dibanding mereka yang tidak memiliki hipertensi. Selain itu, hipertensi juga dapat menyebabkan gagal ginjal yang membutuhkan cuci darah rutin dan kelainan mata hingga kebutaan.

JADI INTINYA DOK?

Jawab:
Penyakit hipertensi penting untuk diobati atau dikontrol karena terutama dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke, selain gangguan ginjal dan kelainan mata. Biar lebih jelas lagi: Mengapa penyakit hipertensi lebih penting diobati dibandingkan penyakit alergi, panu, kadas, kurap dll, misalnya? Jawabannya: Karena penyakit alergi dan penyakit panu, walaupun mengganggu, tidak akan menyebabkan komplikasi jangka panjang yang mengancam jiwa, seperti serangan jantung, stroke, gagal ginjal, dan kebutaan.

KALO PENYAKIT JANTUNG DAN STROKE, KENAPA SIH PENTING UNTUK DIHINDARI?

Jawab:
Karena penyakit jantung dan stroke merupakan dua penyakit utama (nomor 1 dan nomor 2) penyebab kematian di Indonesia dan di seluruh dunia. Ilustrasi agar lebih terlihat kepentingannya, dari 10 penyebab utama kematian akibat di Indonesia misalnya, gabungan kematian akibat penyakit jantung dan stroke hampir sama jumlahnya dengan gabungan kematian akibat 8 penyebab lainnya.

MENGAPA HIPERTENSI SULIT DITANGANI DAN SERING MENIMBULKAN KOMPLIKASI JANGKA PANJANG YANG MENGANCAM JIWA?

Jawab:
1. Karena sebagian besar (lebih dari 95%) pasien dengan hipertensi menderita jenis hipertensi yang tidak bisa sembuh (hipertensi esensial). Jadi apabila seseorang misalnya pertama kali menderita hipertensi di usia 40 tahun, maka kemungkinan besar di usia 70 tahun, bila tidak mendapat terapi (minum obat, olahraga, diet dll), orang ybs tetap akan menderita hipertensi sampai tutup usia.
2. Karena hipertensi tidak memiliki gejala yang bermakna. Berbeda dengan mitos yang ada di masyarakat, sebagian besar penderita hipertensi justru tidak memiliki keluhan apa-apa. Karena tidak memiliki gejala yang berarti, banyak pasien yang tidak mengobati tekanan darah tingginya karena tidak merasakan keluhan apa-apa.
3. Karena belum bisa sembuh dan tidak memiliki banyak gejala, banyak orang yang tidak mampu disiplin berobat dalam jangka panjang untuk mengontrol tekanan darahnya.

BAGAIMANA CARA MENGONTROL HIPERTENSI DI DUNIA KEDOKTERAN, DAN APAKAH CARA TERSEBUT EFEKTIF UNTUK DITERAPKAN DALAM JANGKA PANJANG?

Jawab:
Cara mengontrol hipertensi adalah dengan melaksanakan diet rendah garam, olahraga intensitas sedang 150 menit per minggu, dan minum obat hipertensi secara teratur disiplin terus menerus SEUMUR HIDUP. Apakah cara ini efektif? Tentu saja, dengan satu syarat. Apa syaratnya? Ya itu tadi, ketiga cara tadi harus bisa dilaksanakan secara disiplin dalam jangka panjang sampai menutup usia.

BERAPA TINGKAT KEBERHASILAN KETIGA CARA TERSEBUT?

Jawab:
Berbagai penelitian membuktikan betapa rendahnya tingkat kepatuhan pasien dalam hal menjalankan program diet, olahraga, atau minum obat teratur dalam jangka panjang.

Suatu telaah kepustakaan tentang kepatuhan terapi mempelajari 2095 penelitian sejak tahun 1970 hingga 2005 di berbagai jurnal kedokteran. Terungkap bahwa kepatuhan minum obat pada penyakit kronis (misalnya hipertensi, diabetes, dll) rata-rata mencapai tidak lebih dari 40-50%. Sementara kepatuhan pada perubahan gaya hidup (diet dan olahraga) malah jauh lebih rendah. Rata-rata hanya 20-30% pasien saja yang bisa disiplin berolahraga dan melaksanakan diet yang sehat dan ketat dalam waktu yang lama.

APA KONSEKUENSINYA BILA PASIEN TIDAK BISA MELAKSANAKAN PROGRAM TERAPI HIPERTENSI DALAM JANGKA PANJANG?

Jawab:
Maka tekanan darah pasien perlahan tapi pasti akan meningkat lagi, sehingga timbulnya komplikasi penyakit jantung, stroke, dll menjadi tidak terhindarkan lagi.

ANGGAPLAH PASIEN DAPAT DISIPLIN MELAKSANAKAN DIET, OLAHRAGA, DAN MINUM OBAT TERATUR SEUMUR HIDUP DAN TEKANAN DARAHNYA SELALU TERJAGA DI BATAS NORMAL. APAKAH DIJAMIN PENYAKIT JANTUNG, STROKE, GAGAL GINJAL, KEBUTAAN BISA DIHINDARI?

Jawab:
Belum pasti.

LOH KOK GITU?

Jawab:
Karena faktor risiko jantung/stroke dan penyakit berat lainnya tidak hanya hipertensi semata. Masih ada faktor risiko lain, seperti gula darah, berat badan yang berlebih, dan kolesterol yang tinggi. Pasien yang bersangkutan juga harus dapat menjaga kolesterolnya dalam batas normal, berat badannya dalam batas normal, dan gula darahnya dalam batas yang normal SEUMUR HIDUP.

APAKAH OBAT DARAH TINGGI DAN DIET RENDAH GARAM BISA JUGA MENURUNKAN BERAT BADAN, GULA DARAH, DAN KOLESTEROL?

Jawab:
Ya nggak lah.

JADI?

Jawab:
Pasien selain minum obat darah tinggi, juga harus minum obat kolesterol, obat gula darah (bila menderita diabetes misalnya), diet rendah lemak, diet rendah karbohidrat, sambil terus berolahraga secara teratur. Berat badan yang berlebih juga harus diturunkan, dengan obat-obatan atau dengan berbagai metode lain yang ada di pasaran.

SUSAH JUGA YA DOK?

Jawab:
Memang.

ADA CARA YANG LEBIH GAMPANG NGGAK SIH?

Jawab:
Ada sih, minum aja AIR ALKALI setiap hari secara teratur seumur hidup. Tapi kalo bisa sih diproduksi harian langsung dari mesinnya. Minum air putih kan gampang, mudah, murah, dan praktis. Anak kecil mulai umur 6 bulan sampai kakek nenek usia di atas 100 tahun juga bisa disiplin sampai puluhan tahun. Mana ada sih orang yang lupa minum air dalam sehari?

JADI MINUM AIR ALKALI TERMASUK PENGOBATAN HERBAL ATAU ALTERNATIF YANG BISA KITA JALANKAN JUGA YAH? MEMANG ADA PENELITIAN YANG MENDUKUNGNYA DOK?

Jawab:
Sebenarnya kalo minum air alkali dianggap pengobatan alternatif, atau herbal, atau pengobatan tradisional, kurang tepat juga yah. Ini karena metode minum air alkali ini bukan terutama didasarkan testimoni penggunanya saja, seperti yang umumnya menjadi modal utama pengobatan alternatif.

Penelitian tentang air alkali ini mencapai lebih dari 600 penelitian di berbagai jurnal kedokteran terkemuka pada lebih dari 150 penyakit pada manusia. Tidak heran, para pakar kedokteran terkemuka dari berbagai negara, mulai guru guru besar, pakar teknologi, para penulis best-seller, dokter-dokter terkemuka hingga dokter internist-kardiologis resmi kepresidenan Amerika Serikat merekomendasikan metode yang sangat sederhana ini.

TAPI KALO BELUM DIAKUI LEMBAGA RESMI, BERARTI MASUKNYA TETAP PENGOBATAN ALTERNATIF KAN DOK?

Jawab:
Karena didukung ratusan penelitian di berbagai jurnal kedokteran, metode minum air alkali ini telah mendapat restu resmi dari Departemen Kesehatan Jepang sejak tahun 1966 hingga sekarang. Di Amerika Serikat misalnya, salah satu organisasi kedokteran terbesar di sana, American Family Physician yang beranggotakan lebih dari 100 ribu dokter, telah mengakui manfaatnya sejak tahun 2011 serta merekomendasikan air alkali ini untuk digunakan dalam terapi di dunia kedokteran.

TAPI KALO AIR ALKALI INI DIMINUM TERUS-TERUSAN, AMAN NGGAK SIH?

Yaah, cuma minum air doang. Takutnya kena efek samping apa sih?

Selama puluhan tahun digunakan ratusan ribu keluarga sejak diizinkan oleh Depkes Jepang tahun 1966, kalangan medis dan Pemerintah Jepang tidak menemukan adanya efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Salah satunya karena dalam proses pembuatannya, tidak digunakan bahan kimia sama sekali.

Karena terbukti aman dan bermanfaat dalam jangka panjang, di tahun 1994, hampir 30 tahun setelah air alkali dikonsumsi setiap hari oleh jutaan masyarakatnya, Depkes Jepang mendorong terbentuknya Functional Water Foundation, dilanjutkan dengan Japanese Society of Functional Water di tahun 2001, yang melakukan berbagai penelitian mengenai manfaat air alkali untuk kesehatan manusia.

KHUSUS BUAT HIPERTENSI YANG SAYA DERITA, AIR ALKALI INI MEMANG ADA PENELITIANNYA DOK?

Jawab:
Ada dong, banyak lagi. Ini beberapa di antaranya, lengkap sama bonusnya.

Sebuah uji klinis tersamar ganda di Universitas Hiroshima Jepang dilakukan pada 100 subjek yang dimulai di bulan November 2008. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 2 liter air alkali yang diminum selama 10 bulan ternyata memiliki efek menurunkan kadar glukosa darah puasa, TEKANAN DARAH, kolesterol total, kolesterol LDL, trigliserida, fungsi liver, dan meningkatkan kadar leptin secara bermakna (hormon yang salah satunya berfungsi menurunkan nafsu makan).

Pada penelitian lain di First Central Hospital di China, setelah minum 2 liter air alkali selama dua bulan, perbaikan gula darah yang signifikan dilaporkan terjadi pada 89% dari 65 pasien diabetes dan 92% dari 50 pasien dengan kolesterol yang tinggi.

Penelitian di Jepang pada 411 pasien diabetes tipe 2 (rata-rata berusia 71,5 tahun) yang minum 2 liter air alkali per hari, setelah minum selama 6 hari, sekitar 45% pasien menurun kadar gula darahnya secara bermakna. Kadar gula dan HbA1c juga terus membaik setelah minum air alkali dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, kadar kolesterol total, kolesterol LDL, kolesterol HDL, dan kreatinin (fungsi ginjal) ikut membaik secara bermakna. Bila diminum terus dalam waktu yang lebih lama, jumlah partisipan yang mengalami perbaikan terus meningkat secara bermakna.

WAH, ENAK JUGA YAH. NIATNYA MINUM AIR ALKALI BUAT MENURUNKAN TEKANAN DARAH AJA, TERNYATA GULA DARAH, KOLESTEROL, ASAM URAT, BERAT BADAN DLL JADI IKUT MEMBAIK.

Jawab:
Memang, dan biayanya jauh lebih murah, karena bisa mengurangi obat-obatan, bahkan pada sebagian pasien bisa meniadakan penggunaan obat-obatan yang biasanya harus dikonsumsi seumur hidup.

TAPI TADI KENAPA KATANYA MINUM AIR ALKALI SEBAIKNYA DIPRODUKSI HARIAN LANGSUNG LANGSUNG DARI MESINNYA?

Jawab:
1. Karena salah satu manfaat utama dari air alkali, yaitu kadar antioksidannya yang tinggi, akan berkurang drastis dalam 24 jam. Jadi kalo biasa beli dari distributor air alkali, misalnya untuk stok 1-2 minggu, kita tidak mendapatkan manfaat antioksidannya secara maksimal. Padahal antioksidan ini penting sekali dalam mengontrol tekanan darah, gula darah, kolesterol dll, selain dapat mencegah timbulnya pernyakit berbahaya seperti kanker, alergi dll.
2. Karena hipertensi belum bisa disembuhkan seumur hidup, berarti pengobatan hipertensi dan program pencegahan komplikasi akibat hipertensi dengan air alkali juga harus dilaksanakan seumur hidup. Kalo terus-terusan beli airnya dari distributor, selain antioksidannya tidak optimal, ya lama-lama tekor lah. Duitnya nggak nahan kalee…

JADI AIR ALKALI BAGUS SEKALI BUAT PARA PENDERITA HIPERTENSI YA DOK? SELAIN BISA MENGONTROL TEKANAN DARAH, BISA SEKALIGUS MENGONTROL GULA DARAH, KOLESTEROL, DAN BERAT BADAN, YANG BERSAMA HIPERTENSI MENJADI FAKTOR-FAKTOR RISIKO SERANGAN JANTUNG DAN STROKE.

Jawab:
Betul sekali, tapi kalo baru beli mesin air alkali setelah menderita hipertensi atau diabetes, sebenernya rada terlambat sih.

NAH LHO. MAKSUDNYA?

Jawab:
Manfaat terbesar dari air alkali adalah untuk diminum oleh mereka yang masih sehat, yang belum terkena hipertensi atau diabetes, atau penyakit berat lainnya. Mengapa? Karena bila sudah terkena darah tinggi atau penyakit gula, sebanyak apapun air alkali yang kita minum, penyakit tersebut sudah tidak bisa lagi disembuhkan. Penggunaan air alkali di sini hanya bermanfaat untuk mengurangi jumlah dan jenis obat-obatan yang biasa kita konsumsi.

JADI MINUM AIR ALKALI WALAUPUN BAIK UNTUK PENGOBATAN, LEBIH BAIK LAGI UNTUK PROGRAM PENCEGAHAN PENYAKIT YA DOK?

Metode ini seharusnya menjadi pilihan program pencegahan utama bagi mereka yang berisiko tinggi agar tidak terkena penyakit diabetes atau hipertensi atau penyakit berat lain di kemudian hari.

Bila program pencegahan penyakit hanya mengandalkan olahraga dan diet saja, sulit sekali bisa dilaksanakan dalam jangka panjang. Apalagi bila ternyata orang yang bersangkutan memiliki juga kelebihan berat badan, merokok, dan jarang berolahraga, ditambah ternyata salah satu orang tua/adik kakak/kakek nenek/paman bibi juga menderita diabetes atau hipertensi, ya udah. Kejadian hipertensi atau diabetes sih tinggal menunggu waktu aja, seiring bertambahnya usia kita. Sekarang mungkin masih bagus, tapi siapa yang jamin 1-2 tahun lagi gula darah dan tekanan darahnya masih tetap normal.

BERARTI KALO KITA UDAH TERLANJUR MENDERITA DIABETES ATAU HIPERTENSI, MANFAAT PUNYA MESIN SENDIRI NGGAK TERLALU MAKSIMAL YAH?

Jawab:
Ya nggak lah. Kan mesinnya bisa dipakai seluruh keluarga besar, karena produksi seharinya bisa lebih dari 500 liter per hari. Dan mesinnya juga bisa digunakan sampai 20-25 tahun ke depan, jadi ideal sekali buat pencegahan jangka panjang yang mudah, murah, efektif, efisien, serta bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah.

Dan keluarga besar kita, misalnya putra-putri dan anak cucu tercinta, adik atau kakak yang belum menderita diabetes/hipertensi malah menerima manfaat memiliki mesin yang paling besar, karena mereka yang risikonya tinggi tersebut, bisa terhindar dari penyakit-penyakit berat yang belum bisa disembuhkan oleh dunia kedokteran, seperti diabetes, hipertensi, kanker dll.

WAH, KALO GITU SIH MAU BELI MESIN DEH DOK. DENGER-DENGER, ADA PROGRAM ARISAN & CICILAN TANPA AGUNAN TANPA BUNGA YAH?

Jawab:
Beres. Japri aja yah.

Sumber:

  1. Sejarah & Manfaat Air Alkali
  2. Sejarah & Manfaat Mesin Air Alkali Terionisasi (Situ Kok Suka Maksa Sih)
  3. Air Alkali: Penelitian Ilmiah & Testimoni Positif Dari Para Dokter
  4. Manfaat Memiliki Mesin Air Alkali Sendiri (Setidaknya, Bersyukurlah)
  5. Edukasi Air Alkali yang Penuh Rasa Hormat
  6. Air Alkali & Keluhan Akibat Asam Urat, Tekanan Darah, dan Kolesterol yang Tinggi
  7. Air Alkali: Panduan Minum & Mengelola Efek Samping
  8. Air Alkali & Stroke
  9. Air Alkali dan Penelitian di Bidang Neurologi dan Psikiatri
  10. Air Alkali pada Penyakit Rematik
  11. Air Alkali pada Penyakit Infeksi & Manfaatnya dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
  12. Air Alkali untuk Olahragawan hingga Atlet Profesional
  13. Air Alkali: Pilar Kelima Diabetes
  14. Air Alkali & Insulin (Situ Kok Suka Maksa Sih Bagian ke-2)
  15. Air Alkali pada Pasien Diabetes: Sebuah Laporan Kasus
  16. Air Alkali/Asam Kuat pada Luka Diabetes dan Penyakit Kulit yang Berat (Laporan Kasus)
  17. Air Alkali pada Asam Urat & Paradigma Edukasi Air Alkali
  18. Air Alkali & Hipertensi
  19. Air Alkali pada Gangguan Ginjal
  20. Air Alkali & Batu Ginjal
  21. Air Alkali, Kanker, & Pencegahannya
  22. Air Alkali pada Penyakit Maag & GERD
  23. Air Alkali pada Asma & PPOK
  24. Air Alkali pada Penyakit Autoimun & Alergi (Pengobatan & Pencegahan)
  25. Penelitian Air Alkali pada Penyakit Autoimun & Alergi
  26. Air Alkali untuk Anak Berkebutuhan Khusus
  27. Air Alkali: Efek Anti Aging & Kesehatan Kulit
  28. Air Alkali untuk Mencegah & Mengatasi Obesitas
  29. Air Alkali & Hambatan Utama dalam Preventive Medicine
  30. Air Alkali & Pencegahan Penyakit Berat
  31. Khasiat Air Alkali cuma Bohong Belaka?
  32. Air Alkali & Penyakit Akibat Radikal Bebas
  33. Air Alkali & Bahaya Pestisida
  34. Air Alkali & Diet Ketofastosis
  35. Air Alkali & Surat untuk para Dokter
  36. Air Reverse Osmosis menurut WHO